Mengatasi Rumah Lembap

Big Banner

Rumah lembap dapat membuat berbagai perabotan yang terbuat dari kayu jadi cepat lapuk. Kondisi ini juga menyebabkan tumbuhnya jamur pada dinding rumah.

Lebih parah lagi, rumah lembap jelas akan menjadi sumber penyakit bagi penghuni rumah. Batuk dan alergi meruapakan contoh penyakit yang disebabkan perkembangan jamur dan bakteri dalam rumah lembap.

Penyebab rumah menjadi lembap cukup beragam. Di antaranya lantaran buruknya sirkulasi udara, kebocoran pada instalasi atau saluran pembuangan air, kebocoran atap rumah, atau banyaknya tempat penampungan air seperti kolam dan bak mandi.

Lantas, bagaimana mengatasinya? Berikut adalah hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari rumah lembap:

1. Perbaiki Masalah Penyebabkan Kelembapan,

Hal yang paling utama adalah mengetahui apa penyebab kelembapan rumah dan memperbaikinya. Jika terjadi kebocoran pada atap atau saluran air, segeralah perbaiki sumber permasalahan tersebut.

2. Memasang Exhaust Fan

Exhaust fan memiliki fungsi dapat membantu melancarkan sirkulasi udara dalam rumah. Alat ini akan mengantarkan udara lembap keluar dari rumah Anda.

3. Membuka  Gorden

Cahaya yang cukup dapat mengurangi, bahkan membunuh bakteri dan kuman yang disebabkan udara lembap. Pada akhirnya, dapat juga membantu mengurangi kelambapan.

4. Memasang Kipas Angin di Langit-langit

Kipas angin dapat memperbaiki perputaran angin dalam rumah. Kipas dapat juga mengurangi jumlah air yang terdapat pada udara di dalam rumah.

5. Menggunakan Kapur Serap Air

Anda dapat membeli kapur jenis ini di supermarket. Kapur ini berfungsi menyerap kadar air yang ada dalam udara.

Kapur ini harus diganti secara berkala karena air yang diserap akan tersimpan di bagian dalam kapur. Jika sudah penuh, kapur ini tidak dapat menyerap air lagi sehingga perlu diganti dengan yang baru.

6. Menggunakan Dehumidifier

Alat ini dirancang untuk menghilangkan udara lembap. Cara kerjanya adalah dengan mengubah udara lembap menjadi dingin. Alhasil, menghasilkan udara dalam rumah akan jadi lebih baik. (Vri)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me