Tips Memilih Letak Hadap Apartemen

Big Banner

Untuk sebuah hunian vertikal, posisi atau letak hadapnya menentukan nilainya. Apartemen dengan lantai lebih tinggi dan menghadap pemandangan menawan punya harga berbeda.

Semakin baik pemandangan yang bisa dinikmati mata, semakin tinggi pula harga apartemen tersebut. Itu sebabnya untuk mendapatkan harga bersaing, calon pembeli atau investor akan mempertimbangkan betul posisi apartemennya. Berikut keuntungan dan kerugian dalam pemilihan posisi apartemen.

  1. Posisi Lantai Apartemen

Orang yang memilih apartemen lantai delapan ke atas adalah orang-orang yang mendambakan pemandangan indah. Lantai atas biasanya memberikan panorama yang indah.

Apartemen di kota-kota besar, misalnya, akan memanjakan mata dengan pemandangan kota berhias langit biru. Pada apartemen tertentu, diberikan tambahan biaya untuk mendapatkan kamar dengan view seperti itu.

Keuntungan kedua, semakin tinggi posisi, semakin rendah tingkat kebisingan. Kelebihan lainnya, lantai atas relatif lebih aman dari pencuri meski hal ini bukan jaminan.

Sementara itu, kekurangannya, lantai atas mengakibatkan sulitnya Anda membawa furnitur. Kesulitan kedua ialah dalam keadaan darurat dan terjadi bencana, seperti gempa atau kebakaran.

Sebaliknya, bukan berarti apartemen di bawah lantai delapan tidak memiliki nilai jual. Apartemen di lantai bawah bisa mendapat pemandangan dengan memilih yang berhadapan dengan taman dan kolam renang.

Kelebihan apartemen di lantai bawah biasanya dipilih karena posisi yang lebih dekat dengan lantai dasar atau akses keluar. Anda dapat menghemat waktu saat ingin pergi dan memudahkan saat memasukkan furnitur.

Yang harus dicatat saat memilih apartemen lantai dasar, pastikan tidak terletak di antara pintu masuk bangunan, tangga darurat, sarana umum, seperti pusat kebugaran dan juga elevator untuk meminimalisasi kebisingan.

Pada dasarnya, pertimbangan penting saat memilih posisi apartemen ialah melihat kebutuhan. Posisi yang rendah biasanya dipilih oleh keluarga yang masih memiliki anak-anak kecil, orang tua lanjut usia dan mereka yang takut ketinggian.

  1. Memilih Arah Hadap

Kalau posisi apartemen Anda penting, begitu pula dengan arah hadap. Keunikan apartemen ada pada masing-masing sisi yang  memiliki pemandangan berbeda.

Misalnya saja, kamar pada apartemen di sisi Timur dan Selatan menghadap pemandangan yang sama, yaitu arsitektur kota. Sedangkan pada sisi Baratnya menghadap kolam renang, lalu pada sisi Utara menghadap taman.

Pertimbangkan bahwa arah hadap berpengaruh pada harga apartemen. Biasanya, semakin indah pemandangan yang didapat, semakin tinggi harga yang ditawarkan.

Beberapa pemburu apartemen mempertimbangkan alasan kesehatan dengan melihat adanya sinar matahari yang masuk. Namun, cara terbaik untuk menentukan arah hadap aprtemen Anda adalah sesuaikan dengan kenyamanan dan dana Anda.

Sumber: Aturduit.com

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me