Rumah Antibanjir

Big Banner

Musim hujan telah tiba. Anda yang tak punya pilihan tinggal di kawasan rawan banjir tentunya sudah bersiap. Bila Anda ada rencana membangun kembali rumah Anda atau sekadar merenovasi atau memperbaikinya untuk mengantisipasi banjir, cobalah tips berikut ini:

Saat Membangun Rumah

1. Tinggi fondasi berkisar antara 40-50 cm di atas jalan depan rumah.

2. Tanah diurug dengan ketinggian minimal 50 cm di atas jalan. Pastikan halaman dan carport lebih tinggi dari permukaan jalan.

3. Pastikan ketinggian bagian inti rumah sudah berada di atas ketinggian maksimal banjir yang pernah terjadi. Minimal lebih tinggi daripada permukaan jalan, sungai, ataupun saluran air lainnya.

4. Pastikan septictank, saluran drainase, dan instalasi listrik terdapat pada area yang bebas banjir.

5. Gunakan material yang tahan air, seperti batu kali pada area bawah. Untuk ruang tamu buatlah lantainya “melayang” di atas garasi.

6. Jangan lupakan area penghijauan di halaman, meski berada di atas batas jalan. Lengkapi dengan pengolahan lansekap, meski berada di atas batas jalan.

Saat Merenovasi Rumah

1. Menaikkan tinggi lantai. Pastikan jarak antara lantai dan plafon jangan terlalu dekat. Paling tidak tinggi plafon tak terlalu dekat dengan kepala laki-laki dewasa ketika berdiri.

2. Membuat blokade di sekitar teras.

3. Membuat kolam ikan di bagian taman. Namun, kolam tersebut hanya mampu menahan banjir yang ringan-ringan saja.

4. Membuat daerah resapan air.

5. Pilih furnitur yang bahannya bersifat anti-air, seperti aluminium, stainless steel atau besi tempa.

6. Jika keramik di bagian rumah terlepas dari susunannya akibat terjangan banjir, tak ada salahnya jika keramik dilepas sekalian, dan gantilah dengan adukan acian semen ekspos. Saat ini ekspos acian semen semakin sering digunakan sebagai dinding ataupun lantai.

7. Jika dinding rumah terlihat kusam akibat banjir, atasi dengan cat eksterior yang lebih tahan cuaca.

Sumber: Rumahbangun.com dan Spectrum.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me