Ahok Bangun 36 Tower Rusun Tahun Depan

Big Banner

Tahun depan Kota Jakarta akan memiliki 36 tower rumah susun (rusun) baru. Minimal harus terdiri atas 16 lantai dan dilengkapi lift. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan hal tersebut seperti dilansir tempo.co. Pembangunan rusun di Jakarta ini direncanakan berlangsung selama beberapa tahun ke depan.

Menurut Ahok, rusun tersebut diutamakan bagi pegawai tidak tetap. “Jadi yang tinggal adalah pegawai pemerintah dengan kontrak. Kalaupun pengangguran, yang bisa kerja, semisal bercocok tanam. Sudin semua harus bantu,” ujar Ahok saat menghadiri peresmian ruang publik terbuka ramah anak (RPTRA) di Rusun Pulo Gebang, Jakarta, Rabu (23/12).

Penghuni rusun hanya akan membayar biaya pemeliharaan lingkungan saja. “Jadi nanti kami subsidi semuanya supaya mereka bisa nabung, tambah kaya, nanti bisa beli apartemen,” kata Ahok.

Enaknya jadi penghuni rusun nantinya juga dibekali kartu ATM debet rusun. Begitu juga dengan anak-anak penghuni rusun usia sekolah akan mendapatkan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Rusun yang ada sekarang, menurut Ahok, masih ada fasilitas standarnya yang belum terpasang. Ke depan seluruh rusun harus dipasang pipa gas. Jadi bisa menghemat 40-50 persen harga gas, karena tidak perlu tabung. “Ribet kalau angkat tabung,” kata Ahok.

Selain itu, fasilitas tambahan tak boleh absen, seperti klinik, taman, dan lampu penerangan, serta ruang terbuka yang nyaman dan lingkungan yang bersih. “Nanti ada tanaman hidroponik juga,” kata Ahok.

Perihal transportasi, rusun nantinya harus terintegrasi dengan halte bus, Transjakarta. “Penghuni rusun sekeluarga enggak bayar naik bus di Jakarta,” ujar Ahok.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me