JK: Bank Khusus Perumahan Lagi Diproses

Big Banner

Jakarta -Pemerintah berencana membentuk bank khusus untuk pembiayaan perumahan. Menurut Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK), bank khusus tersebut sedang disiapkan pemerintah.

“Bank perumahan lagi diproses, supaya ada yang khusus,” ujar Wapres JK dalam acara Rakernas REI (Real Estate Indonesia) di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (2/12/2015).

JK mengatakan, sangat dibutuhkan kesiapan perbankan dalam pengadaan perumahan. Sebab, pemerintah ingin siapapun memiliki kesempatan mempunyai rumah terutama masyarakat berpenghasilan rendah.

Selama ini, bank pemerintah maupun swasta menyediakan fasilitas pembiayaan perumahan. Fasilitas pembiayaan ini termasuk untuk masyarakat dengan penghasilan rendah melalui program FLPP atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan atau KPR subsidi.

“Dibutuhkan perbankan, perbankan yang baik itu berikan kredit, dan Pemerintah mendorong hal itu dengan segala macam subsidi untuk perumahan sederhana,” kata JK

Selain itu, JK menambahkan, lembaga keuangan internasional seperti World Bank dan Asian Development Bank (ADB) juga mau membantu upaya pemerintah menyelenggarakan perumahan.

“Lembaga keuangan besar di dunia seperti World bank dan ADB mau membantu kalau perencanaannya jelas,” tutur JK

(dna/hns)

finance.detik.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me