Bandung Segera Bangun Masjid Terapung

Big Banner

Tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat merencanakan akan membangun masjid terapung yang akan berlokasi di kawasan Gede Bage, Bandung. Masjid ini akan berdiri di atas danau dan disebut-sebut akan menjadi masjid paling wah di wilayah Jawa Barat.

“Alhamdulillah di tahun ini kita sudah bisa mulai pembangunan masjid terbesar hampir satu hektare lebih ini,” kata Iwa Karniwa, Sekretaris Daerah Jawa Barat seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

Saat ini Pemprov tengah fokus pada pembebasan lahan. Lahan yang sudah dibebaskan sebanyak lima dari 10 hektare yang dibutuhkan untuk pembuatan danau nantinya. Danau ini kedepannya akan difungsikan sebagai pengendalian banjir, sumber air, dan kolam retensi.

Pihak Pemprov Jabar menganggarkan hampir Rp 200 miliar untuk melakukan pembebasan lahan. Sedangkan untuk konstruksi masjid, pemerintah telah mengalokasikan dana sebanyak Rp 90 miliar. Pembangunan masjid akan dilakukan secara bertahap.

Lokasi masjid terapung ini tidak jauh dari Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Masjid ini dirancang oleh sang wali kota Bandung, Ridwan Kamil. Ridwan Kamil mengusung tema matematika pada pembangunan masjid yang akan berukuran 100×100 meter tersebut.

“Jadi semua masjid di zaman sekarang harus futuristik harus menyimbolkan kejayaan Islam. Islam itu kan dikenal dengan kehebatan matematikanya. Jadi teorinya matematika yang dikonversi jadi tiga dimensi,” terang Ridwan Kamil.

Unsur budaya Jawa Barat akan diaplikasikan di bagian interior. Kemudian akan ada sebanyak empat tower yang mengelilingi masjid. Wali Kota yang akrab disapa Kang Emil tersebut mengatakan dirinya berperan untuk supervisi desain bangunan.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me