Jalan Perbatasan Kalimantan Hampir Selesai

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) menargetkan pada tahun 2018 ruas jalan paralel perbatasan Kalimantan sudah bisa tersambung. Jalan tembus nantinya akan membentang sepanjang 1.770 km dan saat ini tersisa 448 km yang belum terbangun dan masih berupa jalan tanah.

Ilustrasi: Pembangunan Jalan di Kawasan Perbatasan

Ilustrasi: Pembangunan Jalan di Kawasan Perbatasan

Menurut Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Kemenpupera Bastian Sihombing, pada prinsipnya ruas jalan ini sudah tertembus hanya saja masih ada sepanjang 448 km yang belum diaspal seluruhnya. “Akses tembus jalan perbatasan ini diprioritaskan untuk bisa (selesai) tahun 2018, alokasi anggaran untuk tahun ini mencapai Rp300 miliar, kalau ini sudah tertembus akan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar khususnya di wilayah perbatasan,” ujarnya saat menerangkan progres pembangunan jalan kepada Menpupera Basuki Hadimuljono dan Menteri Koordinator Politik dan Keamanan (Polhukam) Luhut B. Panjaitan di Entikong, Kalimantan Barat, pekan ini.

Proses percepatan pembangunan jalan perbatasan ini, disebut Bastian berjalan sangat efektif. Saat ini untuk kawasan Kalimantan Barat progres yang sudah terbangun mencapai 15 persen. Akses jalan ini dibangun dengan lebar 25 m dan akan dimungkinkan untuk dilakukan pelebaran hingga 50 m.

Jalan ini dibangun sebanyak empat jalur dan akan menjadi urat nadi perekonomian khususnya di Provinsi Kalimantan Barat. Dengan adanya jalan ini, diharapkan kawasan ini juga lebih siap untuk menghadapi pasar bebas ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah berlaku sejak akhir tahun lalu.

“Sejak dibangunnya jalan ini geliat ekonomi sudah mulai terasa bahkan harga lahan di sekitar wilayah ini juga sudah mulai melonjak nilainya. Untuk seluruh Kalimantan ini, panjang jalan yang dibangun 1.770 km terdiri dari 726 km di Kalimantan Barat, 233 km di Kalimantan Timur, dan 820 km di Kalimantan Utara. Sisa 448 km ini yang akan segera kita selesaikan,” tambah Bastian.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me