REI Inginkan Persepsi Sama di Kalangan Pemda

Big Banner

Jakarta – Persatuan perusahaan Real Estat Indonesia (REI) terus mendukung program Sejuta Rumah pemerintah agar dapat terwujud secara efektif pada 2016. Terkait pemerintah daerah (pemda), REI mengaku akan turun ke daerah-daerah untuk membangun persepsi yang sama.

“Kami optimistis program Sejuta Rumah ini dapat berjalan lebih efektif tahun 2016. Banyak sekali perubahan dan perbaikan yang dilakukan pemerintah. Kami akan terus mengawal di lapangan agar semua perubahan dan perbaikan ini berjalan secara efektif secara operasional,” tegas Eddy, dalam publikasinya di Jakarta, Senin (18/1).

Dalam tahun 2016, REI akan membantu kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) turun ke daerah-daerah untuk memastikan seluruh pemerintah daerah mempunyai pengertian dan prioritas yang sama mengenai program Sejuta Rumah.

“Seluruh tim REI dari bidang Rumah Sederhana Tapak (RST) akan ikut terjun mengawal ke lapangan bersama kementerian PUPR,” jelas Eddy.

Terkait dengan pemda dan instansi terkait, kata Eddy, pihaknya mengusulkan agar adanya ada pemahaman yang sama mengenai konsep dan prioritas program Sejuta Rumah. Dengan pemahaman dan prioritas yang sama, pemda akan bisa memberikan insentif dalam kemudahan proses dan biaya perijinan.

Lalu, ujarnya, perlu dilakukan zonasi khusus untuk program Sejuta Rumah yaitu wilayah-wilayah yang dikhususkan untuk rumah murah bersubsidi terencana secara keseluruhan. Dengan zonasi ini, maka NJOP akan terjaga dan rumah MBR akan tetap terjangkau dan tidak semakin jauh dari pusat perkotaan.

“Perlu juga dilakukan pembangunan infrastruktur terpadu untuk wilayah program Sejuta Rumah,” katanya.

Selain itu, kata Eddy, perlu dilakukan terobosan untuk penyediaan sarana dan utilitas terpadu dengan instansi terkait, salah satunya yang terpenting adalah terjaminnya penyediaan listrik.

Investor Daily

Edo Rusyanto/EDO

Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me