Investasi Asing di Properti 2014 Diperkirakan Menurun

Big Banner

(Berita Daerah – Nasional)  Diperkirakan investasi asing di sektor real estate Indonesia pada 2014 menurun, seiring kurang kondusifnya kondisi makro ekonomi sehingga para investor akan menahan untuk melakukan investasi di Indonesia.

Presiden Federasi Real Estate Dunia (FIABCI) regional Asia Pasifik F. Teguh Satria menyatakan secara keseluruhan kondisi makro ekonomi yang kurang baik akan mempengaruhi sektor properti di Indonesia. Dan itu membuat awal 2014 akan terjadi kenaikan suku bunga.

Disamping tingginya suku bunga, Teguh menyatakan hambatan lainnya adalah berkurangnya likuiditas dan gejolak pelemahan nilai tukar rupiah terhadap US$ yang juga diprediksi belum akan berhenti.

Hal tersebut akan membuat investor asing akan takut untuk mengambil resiko atau menanamkan modalnya di Indonesia, apalagi kondisi tersebut diikuti dengan penurunan daya beli masyarakat di properti ritel dan perkantoran karena resiko yang tinggi.

Penangian Simanungkalit, ahli properti juga menyatakan hal yang sama bahwa pada 2014 tidak akan banyak lagi investor asing yang akan menambah ekspansinya di Indonesia.

Tahun ini justru banyak retailer yang akan masuk. AEON dan lain-lain. Untuk tahun depan dari segi spending masih ada, tetapi ekspansi sudah berhenti.

(jh/EA/BD)

beritadaerah.co.id

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me