PUPR Telah Bangun 7.798 Rusun dan Rusus TNI

Big Banner

Jakarta-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2015 mambangun rumah rusun (rusun) untuk anggota TNI sebanyak 89 twin block yang tersebar di 77 lokasi. Diharapkan Rusun tersebut memberikan kenyamanan tempat tinggal bagi para abdi negara.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengatakan, adapun jumlah unit yang terbangun untuk rusun TNI mencapai sekitar 3.230 unit. Sedangkan rumah khusus (rusus) yang dibangun sebanyak 1.568 unit dan tersebar di 120 lokasi dengan total 4.798 unit.

“Rusun dan rusus yang terbangun berada di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua,” kata Syarif dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa (19/1).

Karena itu, Kementerian PUPR akan terus mendorong pembangunan rusun dan rusus bagi anggota TNI di seluruh wilayah Indonesia. Terpenuhinya hunian yang layak bagi anggota TNI yang bertugas di pusat maupun di wilayah perbatasan diharapkan dapat meningkatkan semangat serta kinerja para prajurit dalam membela kedaulatan negara.

“Pada 2011 ada kesepakatan bersama antara Kementerian Pertahanan dan Kementerian Perumahan Rakyat dalam penyediaan perumahan bagi prajurit TNI. Dengan penggabungan kementerian menjadi Kementerian PUPR, maka program penyediaan perumahan bagi para prajurit tersebut akan terus kami lanjutkan dan didorong sehingga mereka bisa menempati rumah yang layak ketika bertugas,” ujarnya.

Menurut dia, penyediaan perumahan yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR bukan hanya untuk para prajurit TNI dan PNS Kementerian Pertahanan yang masih aktif bertugas saja, melainkan juga diperuntukkan bagi para purnawirawan dan warakawuri. Salah satu upaya untuk menyediakan hunian yang layak bagi anggota TNI adalah dengan membangun rusun dan rusus yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Investor Daily

Imam Muzakir/EDO

Investor Daily

beritasatu.com