Lima Terobosan Terbaru Teknologi Rumah Pintar

Big Banner

Jakarta – Mesin cuci, lampu dan perabotan rumah tangga lain yang terkoneksi dengan internet merupakan bagian dari tren rumah pintar yang menggebrak dunia teknologi di tahun lalu. Dengan berbagai perangkat anyar yang terus muncul dan berkembang, tampaknya tren smarthome (rumah) masih akan terus berlanjut.

Laman portal properti global Lamudi, merilis lima perangkat terbaru yang diprediksi bakal menjadi tren hunian cerdas di tahun ini.

Kulkas Pintar

Kulkas Family Hub Samsung adalah salah satu highlight di CES 2016. Dengan layar sentuh yang besar, kulkas pintar ini dapat bertindak sebagai pusat perintah bagi seluruh keluarga. Penggunanya dapat memperbaharui kalender keluarga dan meninggalkan notes untuk seluruh keluarga, sambil melacak bahan dapur apa saja yang Anda butuhkan dan produk mana yang akan segera kadaluarsa.

Kamera di dalam kulkas dapat mengambil gambar berkualitas tinggi setiap pintu kulkas ditutup, sehingga penggunanya bisa mengakses gambar dalam kulkas setiap saat dan memungkinkan pemiliknya untuk mengecek apa yang perlu dibeli ketika berbelanja.

Vas Pintar

Vas pintar Wulian Dream Flower bukan hanya sekedar dekorasi – vas ini juga bisa berguna sebagai detektor lingkungan. Perangkat ini bisa memonitor suhu rumah, kelembaban, tingkat karbon dioksida, PM 2.5 level dan bahkan suara.

Perangkat ini juga bisa dihubungkan dengan beberapa device, termasuk smartphone dan pendingin udara. Vas ini juga bisa digunakan sebagai lampu LED dan wireless router.

Sistem Penguncian Futuristik

Sekarang, pemilik rumah bisa membuka kunci perangkat semudah melihat ke cermin. EyeLock telah meluncurkan modul iris pertama mereka untuk produk PC. Ini akan membawa perusahaan yang berbasis iris untuk user ontentikasi ke PC, yang berarti penggunanya dapat membuka berbagai aplikasi dalam sekejap mata.

Perusahaan ini mengatakan modul dapat bekerja hingga jarak 60 centimeter. Sesuai dengan tagline EyeLock, hanya dengan DNA maka penggunanya baru akan bisa merasa lebih aman.

Hub Rumah yang Cerdas

Disebut sebagai gateway atau pintu masuk untuk perabotan yang terkoneksi, LG Smart ThinQ Hub akan memonitor dan terkoneksi dengan berbagai perangkat di rumah.

Data dikumpulkan dari berbagai perangkat, mulai dari mesin cuci hingga AC dan akan ditampilkan di layar LCD atau disiarkan melalui speaker. Hub ini juga dapat menampilkan pengingat kalender dan musik.

Detektor Asap Berdasarkan Suara

Halo adalah perangkat yang mengkombinasikan detektor asap dan alarm karbon monoksida menjadi satu. Peringatan suara akan langsung memberitahu pemilik rumah ketika perangkat ini mendeteksi sebuah problem.

Pada saat bersamaan, perangkat akan menyala dengan warna berbeda untuk memperingati bahaya dan juga akan mengirimkan tanda ke smartphone. Selain itu, radio cuaca built-in juga akan membuat penggunanya tetap up to date dengan ancaman besar seperti hujan atau ancaman badai di suatu area.

Feriawan Hidayat/FER

BeritaSatu.com

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me