Tips Memilih Kuas Dan Roller Cat Yang Tepat

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Salah satu penentu apakah rumah Anda indah atau tidak adalah faktor pengecatan rumah. Dalam mengecat, selain harus memperhatikan kualitas cat yang dipakai, Anda perlu memperhatikan juga apakah sudah memilih alat mengecat yang bagus. Untuk pengecatan sendiri, biasanya digunakan kuas atau roller.

Nah, bagaimanakah cara memilih kuas dan roller cat yang tepat bagus?

1. Cara memilih kuas cat

Kuas yang kurang bagus kualitasnya memiliki bulu kuas yang pendek, ujung yang sama panjang, dan gagang penopang yang agak lebar. Kuas seperti ini jika digunakan untuk memoleskan cat, maka akan terasa kaku. Hasilnya pun kasar, sehingga menimbulkan bekas kuas (brush mark) yang tampak jelas di dinding.

Pilihlah kuas yang bulunya panjang dan meruncing di bagian ujung. Bulu kuas yang panjang lebih lentur dan fleksibel, sehingga mudah digunakan untuk mengecat. Hasilnya pun lebih halus. Terutama jika Anda memilih jenis cat yang mengkilap (high gloss), harus memilih kuas yang seperti ini. Cat high gloss harus diaplikasikan dengan lembut, karena jika tidak brush mark-nya akan terlihat sangat jelas. Namun, jika mengecat dengan cat yang lebih redup, misalnya eggshell, Anda boleh memilih cat dengan kualitas sedang.

Sejumlah sumber menyarankan untuk menggunakan cat berbulu sintetis yang halus dari bahan nylon dan polyester untuk cat yang berbahan dasar air (water based). Cat berbulu asli bulu hewan, boleh digunakan untuk cat berbahan dasar minyak. Pilihlah kuas cat sesuai dengan permukaan yang dicat: kuas kecil untuk mengecat bagian tepi dan berlekuk, sementara kuas berukuran lebih besar sekitar 3—5 inci untuk permukaan yang lebar.

2. Cara memilih roller cat

Roller adalah alat yang baik untuk mengecat bidang lebar, misalnya dinding yang luas atau langit-langit. Namun, banyak orang sulit menggunakannya karena salah memilih roller yang tidak berkualitas. Saat membeli roller, Anda harus mencobanya dulu, apakah rodanya bisa berjalan dengan baik, dan apakah pegangannya cukup nyaman. Bahan roll pin yang baik adalah dari bulu domba, karena mampu menyerap cat lebih banyak, tidak meninggalkan bekas (lebih halus), dan tidak menimbulkan percikan.

Pilih roller dengan bulu yang tipis untuk cat glossy atau semi-gloss. Sementara, untuk mengecat dinding yang bertekstur kasar dan dinding beton eskpos, gunakanlah roller setebal 1 inci. Jenis roller disesuaikan dengan jenis permukaan. Roller bergelombang untuk mengecat pilar bergelombang, roller bulat untuk mengecat bagian sudut dan permukaan yang sempit, roller yang kecil untuk mengecat permukaan yang kecil/sempit, roller busa untuk mengecat besi dan railing tangga, roller radiator untuk mengecat radiator atau bagian belakang toilet, dan roller motif untuk menghasilkan motif pada dinding.

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me