Akhirnya, IAI Dilibatkan Mendesain “Venue” Asian Games 2018

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Para arsitek yang tergabung dalam Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) akhirnya dilibatkan dalam perancangan venue dan kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan untuk perhelatan Asian Games 2018.

Ketua Umum IAI Ahmad Djuhara mengatakan IAI diminta langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, untuk membantu mendesain 13 venue dan kawasan GBK.

“Pak Menteri yang meminta langsung IAI untuk membantu pelaksanaan Asian Games 2018 dari sisi desain,” ungkap Djuhara kepada Kompas.com, di Jakarta, Jumat (22/1/2016). 

Djuhara melanjutkan, keterlibatan IAI tak sekadar membantu merancang 13 venue dan kawasan GBK Senayan, melainkan juga memiliki peran strategis. 

Hanya, Djuhara belum dapat menjelaskan peran strategis apa yang akan dijalankan ke depannya. 

“Kami masih membicarakan pengaturan-pengaturan yang mendasar dulu. Detailnya belum sampai sana,” tambah Djuhara.

Sebelumnya, pada Selasa 12 Januari 2016, Djuhara mengatakan IAI tidak dilibatkan dalam mendesain venue (baik wisma atlet maupun arena pertandingan) untuk pesta olahraga bangsa-bangsa Asia ke-XVIII.

Adapun Asian Games 2018 diselenggarakan di dua kota Jakarta dan Palembang dengan venue utama di kawasan GBK Senayan.

Pembukaan berlangsung pada 18 Agustus 2018 dan diakhiri pada 2 September 2018 dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga.  

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me