Plus Minus Mengaplikasikan Keramik pada Dinding

Big Banner

Dinding tak hanya berperan sebagai pemisah antarruangan pada rumah. Suasana rumah yang berbeda dapat ditampilkan dengan menampilkan motif-motif menarik pada dinding.

Anda tak harus memasang wallpaper untuk menampilkan motif pada dinding, kini keramik juga memiliki berbagai motif yang tidak kalah menariknya dengan wallpaper. Dengan motif dan teknik pemasangan yang tepat, keramik dapat memberi aksen yang menarik pada dinding ruangan di rumah Anda.

Tentunya keramik yang diaplikasikan pada dinding berbeda dengan keramik yang digunakan untuk lantai. Keramik dinding tidak dibuat untuk menopang benda yang berat seperti keramik lantai, keramik dinding lebih tipis jika dibandingkan dengan keramik lantai.

Ketebalan keramik dinding yang tipis juga memudahkan keramik menempel pada dinding dan tidak mudah lepas akibat terlalu berat. Karena, keramik bukan dipasang di bawah, melainkan di bagian atas yang akan sangat dipengaruhi oleh gaya gravitasi.

Baca juga: Cara Mudah Rawat dan Bersihkan Keramik

Pada umumnya, dinding keramik diaplikasikan pada dinding kamar mandi atau dapur. Namun, kini motif yang beragam membuat keramik tampil indah dan mampu menghiasi dinding layaknya wallpaper.

Tidak hanya berbagai aneka warna yang menarik, motif keramik dinding juga semakin beragam, bahkan Anda dapat  menyesuaikannya dengan berbagai pilihan tema keramik. Anda dapat menemui keramik dengan motif kayu, tanaman, polkadot atau motif lain. Inilah yang membuat kehadirannya tidak lagi terasa monoton dan semakin banyak dipilih di samping berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Kelebihan

Menurut kumpulan.Info, melapisi dinding dengan keramik memiliki berbagai kelebihan, di antaranya:

Lebih Tahan Lama

Keramik dibuat dengan bahan yang homogen dan melalui pembakaran sampai lebih dari 1200 derajat Celcius. Proses ini membuat keramik menjadi bahan yang tidak mudah rusak. Berbeda dengan wallpaper yang dapat mudah robek atau cat yang mudah terkelupas.

Baca juga: Cara Mudah Rawat dan Bersihkan Keramik

Mudah Dibersihkan

Keuntungan lain dari mengaplikasikan keramik dinding adalah keramik mudah dibersihkan. Caranya sama dengan membersihkan lantai keramik, dinding keramik mudah dibersihkan dengan menggunakan air dan pembersih lantai, sehingga noda-noda dapat hilang dan dinding kembali bersih.

Dinding Tidak Perlu Diperhalus dengan Aci

Karena akan ditempel keramik, dinding yang telah jadi tidak perlu dihaluskan dengan lapisan aci atau semen. Hal ini dapat menghemat penggunaan semen.

Kekurangan

Inilah hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan keramik dinding:

Lebih Mahal

Harga untuk keramik dinding per meter persegi berkisar dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu bergantung kualitas. Bila ingin menggunakan keramik pada dinding, berarti biaya yang dikeluarkan bisa mencapai 2-3 kali lebih mahal dibandingkan melapisi dinding dengan wallpaper atau cat.

Baca juga: Mozaik Keramik Pecah, Yang Cantik dari Puing Keramik

Keahlian Khusus

Untuk memasang keramik pada dinding, tentunya diperlukan keahlian khusus. Pemasangan keramik pada dinding terbilang lebih sulit karena bidang yang dipasang tegak lurus dari lantai, sehingga perlu ketelitian dan keahlian dalam pengerjaannya agar keramik dapat terpasang lurus dan rata. Hal ini juga mengakibatkan biaya yang dikeluarkan untuk tukang lebih banyak karena waktu yang dibutuhkan lebih lama.

Teknik lain dalam memasang keramik dinding adalah dengan model mosaik. Untuk membentuk mosaik, pemasangan keramik memperhatikan permainan warna gelap dan terang, membentuk pola yang sama dan akhirnya membentuk rangkaian atau gambar tertentu. Untuk membuat mosaik harus didesain dulu bagaimana tampilan yang ingin dihasilkan. Tentunya pemasangan mosaik pun membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. (Wit)

Baca juga: Tips Rumah Sejuk tanpa AC

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me