Teliti Saat Beli Rumah Over Kredit

Big Banner

Bisa punya rumah yang siap dihuni memang sangat menyenangkan. Namun, harganya mungkin kurang ramah bagi kantong Anda.  Bila isi kantong Anda terbatas , membeli rumah over kredit bisa dijadikan alternatif.

Akan tetapi, tak berarti membeli rumah over kredit tak akan ada masalah sama sekali. Ada juga yang mengalami kerugian saat membeli rumah over kredit. Kerugian tersebut terjadi karena kurang mencermati kondisi dan segala hal terkait pembelian rumah tersebut.

Baca juga: Beli Rumah Seken, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini

Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda ketika memutuskan untuk membeli rumah over kredit, ada baiknya Anda cermati beberapa poin penting menurut viva.co.id di bawah ini:

Teliti Fasilitasnya 

Ketika memutuskan untuk membeli sebuah rumah over kredit, maka hal pertama yang harus Anda kerjakan adalah mengecek kondisi rumah tersebut.

Periksa dengan teliti semua sarana yang terdapat di dalam rumah, yakni jumlah kamar, kamar mandi, dan yang lainnya. Juga lingkungan di sekitar rumah tersebut, sudahkah sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga keluarga?

Hal penting yang juga harus diperhitungkan adalah ada atau tidaknya biaya yang mungkin akan dikeluarkan untuk melakukan sejumlah renovasi. Adakah biaya sekadar perbaikan kecil pada beberapa bagian yang kondisinya mungkin tidak prima lagi. Mungkin Anda juga akan membutuhkan sejumlah biaya bila ternyata harus dilakukan pengecatan ulang.

Baca juga: Ini Syarat Rumah Seken yang Layak Dibiayai KPR dari Bank

Selanjutnya, lakukanlah pengecekan terhadap fasilitas umum yang terdapat di lingkungan rumah tersebut. Hal ini meliputi banyak hal, yaitu kondisi dan akses jalan ke perumahan, keamanan dan kondisi lingkungan sekitar perumahan, kualitas air di rumah yang akan dibeli.

Hal-hal di atas nantinya akan menentukan kenyamanan Anda untuk tinggal di rumah tersebut. Tentunya Anda mengidamkan rumah yang nyaman dan kondusif, bukan?

Hitung Cicilan Bulanannya

Membeli rumah over kredit tentu saja akan memengaruhi kondisi keuangan Anda, mengingat cicilan bulanan yang akan dikeluarkan adalah dalam jumlah yang cukup besar. Untuk itu, Anda tentunya perlu menghitung cicilan bulanannya dengan sangat hati-hati.

Baca juga: Rumah Seken Lebih Diminati Konsumen

Jangan lupa pula untuk membandingan biaya dan untung-rugi yang akan dikeluarkan untuk over kredit dengan biaya yang dibutuhkan untuk membeli sebuah rumah dalam kondisi baru. Anda juga dapat membandingkan harga rumah over kredit tersebut dengan harga rumah di sekitarnya.

Hal di atas sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa Anda tidak akan merugi saat membeli rumah over kredit.

Lihat Sejarah Kredit

Terkadang seseorang akan mengover kredit karena yang bersangkutan tidak sanggup lagi membayar cicilan kreditnya. Hal ini akan merugikan Anda, karena adanya sejumlah tunggakan dan denda, serta bunga yang harus dibayarkan kepada bank.

Disarankan Anda mengantisipasi hal tersebut dengan cara meminta hasil cetakan bukti pembayaran cicilan kredit yang sudah dilakukan pemilik lama guna meneliti sejarah kredit rumah tersebut.

Periksa Keaslian dan Kelengkapan Dokumen

Memeriksa dokumen rumah adalah salah satu hal terpenting dalam pembelian rumah. Jjangan sampai Anda tertipu dan membeli sebuah rumah yang sedang dalam status sengketa.

Lakukan pengecekan dokumen properti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) asli yang biasanya masih tersimpan di bank yang menyediakan fasilitas tersebut kepada pemilik lama. Anda bisa meminta bantuan notaris atau divisi legal bank untuk memeriksa keaslian dokumen tersebut.

Baca juga: Bank Mandiri Siap Layani KPR Sekunder

Pastikan juga pemilik sebelumnya memiliki dokumen lengkap yang bisa digunakannya untuk mengajukan kredit, seperti fotokopi perjanjian kredit, fotokopi sertifikat yang tertera stempel bank, fotokopi izin mendirikan bangunan (IMB), fotokopi dokumen pajak bumi dan bangunan (PBB) yang sudah dibayar.

Selalulah berhati-hati dan teliti dalam memilih rumah impian Anda agar rumah yang Anda beli sesuai harapan. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me