BLU Tambah Dana FLPP untuk 87 Ribu Rumah

Big Banner

Direktur Utama Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU PPDPP), Budi Hartono, menargetkan peningkatan pembangunan rumah pada tahun ini. Pada 2015 BLU PPDPP menyalurkan dana Rp5,1 triliun untuk pembangunan 76.489 unit rumah, sedangkan di tahun ini sekitar Rp9,2 triliun untuk 87.390 rumah.

Penyaluran dana BLU PPDPP nantinya dikucurkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). ’’Diharapkan target 2016 bisa tercapai,” ujar Budi di Jakarta, Rabu (27/1).

Baca juga: Apersi: Anggaran Ideal untuk Program Sejuta Rumah Rp60 Triliun

Pada anggaran 2016, BLU melakukan penataan internal dan eksternal, yaitu dengan menyiapkan perangkat pendukung kemajuan badan.

Dari segi internal, BLU melakukan reorganisasi dan revitalisasi, implementasi sistem teknologi, penerapan cash management, pengawasan serta pengembangan. Sedangkan dari sisi ekternal, BLU meningkatkan kerjasama dengan bank pelaksana,  dan para pemangku kepentingan rumah.

Baca juga: Teliti Saat Beli Rumah Over Kredit

Pada Agustus 2015, dana FLPP telah terserap habis sedangkan permintaan masih tinggi. Karenanya, pemerintah mengeluarkan kebijakan Skema Selisih Angsuran (SSA) dan terserap Rp64 miliar untuk pembiayaan 13,189 rumah. Total hingga 2015, BLU telah menyalurkan pembiayaan untuk 89.678 unit rumah. (Ing)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me