Wujud Arsitektur Hijau Pada Hunian

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Konsep arsitektur hijau atau green architecture saat ini masih menjadi topik hangat yang ramai diperbincangkan masyarakat. Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan, konsep ini bahkan mulai diterapkan pada bangunan rumah tinggal.

Seperti yang sudah Anda ketahui, arsitektur hijau adalah sebuah konsep untuk menciptakan sebuah tempat tinggal yang lebih baik dengan memanfaatkan energi dan sumber daya alam yang ada secara maksimal. Konsep ini sebenarnya lebih mengarah kepada bentuk tanggung jawab kita untuk turut melestarikan lingkungan dengan cara menggunakan material ramah lingkungan dan menggunakan bahan daur ulang, sehingga pada prosesnya tidak merugikan apalagi merusak lingkungan sekitar.

Konsep pula lah yang menginspirasi arsitek Sigit Kusumawijaya pada saat merancang sebuah hunian yang menyatu dengan rumah indekos di wilayah Jakarta Selatan. Ia mencoba mengaplikasikan konsep ini dengan menghadirkan akses sirkulasi udara serta bukaan untuk memaksimalkan masuknya cahaya matahari, sehingga mampu mengurangi konsumsi listrik dan pendingin udara.

Selain melalui bukaan-bukaan jendela, arsitek juga menyediakan alternatif pengudaraan alami dan pencahayaan alami ruangan melalui kisi-kisi (grill) udara dan skylight. Rumah ini juga dilengkapi dengan resapan air hujan di area inner court. Beberapa lubang resapan biopori juga disiapkan di area tersebut. Sebagian air hujan ditampung di dalam bak penampung khusus untuk di-recycling dan dimanfaatkan kembali untuk penyiraman tanaman dalam suatu sistem irigasi otomatis.

Penerapan prinsip arsitektur hijau lainnya adalah dengan memperbanyak vegetasi. Lahan hijau yang tersedia antara lain taman depan, inner court, rooftop, dan beberapa area vertical garden. Selain tanaman hias yang berfungsi sebagai estetika, juga ditanam tanaman sayur-sayuran, tanaman buah, dan tanaman obat keluarga (TOGA).

Selain untuk menyalurkan hobi berkebun sang pemilik rumah, keberadaan tanaman yang dapat dikonsumsi juga menjadikan rumah mampu memenuhi kebutuhan pokok penghuni rumah. Keberadaan urban farming juga memberi nilai lebih terhadap penerapan prinsip arsitektur hijau pada rumah ini (beyond green architecture).

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me