Masalah Umum Di Kamar Mandi Dan Cara Mengatasinya

Big Banner

 Jakarta,SolusiProperti.com-Kegiatan di kamar mandi berhubungan erat dengan dua permasalahan penting. Yang pertama adalah kelancaran air pada saluran pipa (plumbing) dan perangkatnya (fitting) seperti keran. Sementara yang kedua adalah kebersihan ruangan, baik plafon, dinding, lantai, dan saniter.

Air mutlak diperlukan dalam kegiatan di kamar mandi. Bila jalannya air bersih ataupun air kotor tidak lancar maka muncul masalah seperti pipa bocor dan air menetes pada keran atau kepala shower (shower head). Bagaimana solusinya? Bila kita memahami teknis dan anatomi dari setiap perangkat, kita bisa menyelesaikan berbagai masalah yang kerap terjadi di kamar mandi. Berikut ini beberapa informasi detailnya.

 

  • Bila memiliki kamar mandi yang berada di lantai atas, cek saluran air dan kemiringan lantai agar airnya tidak merembes dan menimbulkan noda seperti ompol/urine di plafon ruang di bawahnya bahkan noda ini bisa berlumut.
  • Atur sistem pemipaan yang sederhana, terutama hindari pemasangan jalur pipa yang berbelok-belok agar terhindar dari potensi bocor pada sambungan pipa.
  • Tempatkan septic tank dekat dengan posisi kloset. Semakin jauh letak septic tank dari kamar mandi, semakin besar risiko terjadi mampet.
  • Cek katup pada keran ataupun kepala shower. Bila karet dari katup sudah aus, biasanya “mengundang” kotoran dan menyebabkan air menetes dari perangkat tersebut.
  • Bila air mengalir terus ke dalam pot (bowl) kloset, berarti sudah terjadi bocor pada tangki yang mengguyur air ke dalam bowl. Untuk menyelesaikannya, kencangkan flush valve dan bersihkan inlet valve pada tangki sehingga tidak bocor. Bila air merembes terus dari tangki kloset, cek seal karet antara tangki dan pot (bowl) klosetnya.
  • Pastikan tinggi air (seal level) di dalam kloset yang berfungsi sebagai perangkap udara yang berasal dari septic tank, tidak kurang dari 50 mm supaya tidak menimbulkan bau.
  • Pasang saringan (floor drain) yang bertutup pada lubang saluran air di lantai dan buang kotorannya secara teratur agar binatang ataupun bau tidak masuk ke kamar mandi.
  • Bila muncul gangguan serangga seperti kecoa, gunakanlah kapur khusus untuk menghalau hewan atau cairan pembasmi. Bisa juga memakai campuran soda api, garam, cuka, dan segelas air kemudian disiramkan ke tempat serangga berada.

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me