Kota Paris Memasang Lampu Jalan Bertenaga Surya

SolusiProperti.com-Pemandangan jalanan di Paris akan sedikit berbeda dengan dipasangnya lampu ini. Desainer Prancis, Mathieu Lehanneur mendesain lampu jalanan yang menyerupai pohon dan dipasang di Champs Elysées Avenue. Lampu tersebut merupakan koleksi urban lighting pertamanya dan diberi nama “Clover”. Clover memiliki tiang yang terbuat dari kayu yang permukaannya diukir atau dipahat secara digital menggunakan mesin.

Selain bentuknya yang unik, lampu tersebut juga ramah lingkungan. Di bagian atas, ada beberapa “kubah” alumunium dengan lampu LED. Satu di antaranya, menghadap ke atas dan dilengkapi dengan panel surya yang berfungsi memproduksi energi untuk menyalakan lampu. Sementara itu, Clover pun menyediakan sebuah “lubang” agar para pejalan kaki bisa mengisi daya baterai smartphone mereka.

Kota Paris Memasang Lampu Jalan Bertenaga Surya

Para pejalan kaki juga dapat bersantai dengan adanya bench dan tempat duduk di sekitar lampu. Bench tersebut bahkan bisa mencapai panjang hingga 15 meter bila diperlukan. Hal ini karena setiap elemen lampu dibuat dapat beradaptasi mengikuti tinggi dan lebar space tempat mereka dipasang.

solusiproperti.com