DPR Perintahkan Manajer Investasi Jaga Karakter Dana Murah Tapera

Big Banner

 

Jakarta– Parlemen meminta agar Manajer Investasi mempertahankan karakter dana murah saat memupuk dana Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang nantinya akan diamanatkan oleh UU Tapera.

Menurut Wakil Ketua Pansus DPR RUU Tapera Mukhamad Misbakhun di Jakarta, Selasa (2/2), struktur pembahasan RUU Tapera sudah mencapai 85% dan akan selesai pada Februari ini.

“Jika RUU ini sudah diundangkan, maka apa yang selama ini menjadi cita-cita dan harapan masyarakat untuk mendapatkan dana murah untuk kepemilikan rumah, secepatnya bisa terwujud,” papar Misbakhun.

Dia mengungkapkan, nantinya dana murah tersebut akan dikelola lembaga baru di bawah Kementerian Pupera, yakni Badan Pengelola (BP) Tapera yang selanjutnya akan dipupuk pengembangan dana itu melalui Manajer Investasi bersama bank kustodian.

“Saat ini sudah muncul kekhawatiran dengan Manajer Investasi yang akan memupuk dana Tapera. Dikhawatirkan dana murah ini menjadi mahal setelah diinvestasikan di Manajer Investasi. Tetapi, di sini prinsipnya untuk memperkuat tata kelola keuangan,” katanya.

Dia menyebutkan, struktur organisasi BP Tapera akan memiliki komisioner dan pengawasan yang sebagian anggotanya berasal dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum). “Nanti, dana awal BP Tapera ini berasal dari pemerintah. Bisa dari APBN atau yang lainnya,” ucap Misbakhun.

Lebih lanjut dia mengatakan, nantinya dana Tapera akan bersumber dari pungutan pekerja formal maupun iuran sukarena dari pekerja informal. “Manajer Investasi baru bisa bekerja memupuk dana setelah terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan dana pokok terkait penyediaan rumah murah,” imbuhnya.

Misbakhun menjelaskan, upaya pemupukan dana Tapera oleh Manajer Investasi melalui Kontrak Investasi Kolektif (KIK) dengan bank kustodian. “Investasi oleh BP Tapera hanya yang berkaitan dengan instumen yang berkaitan dengan perumahan,” kata dia. 

Suara Pembaruan

Lona Olavia/MER

Suara Pembaruan

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me