Persaingan Makin Ketat, “Holiday Inn” Juga Berdiri di Cikarang

Big Banner

CIKARANG, KOMPAS.com – Pasokan hotel kembali bertambah di kawasan Cikarang, tepatnya di kawasan Jababeka, Bekasi, menyusul dibukanya Holiday Inn Cikarang Jababeka oleh InterContinental Hotels Group (IHG). Hotel yang sebelumnya beroperasi sendiri itu akan menjadi hotel Holiday Inn keenam di Indonesia.

“Menempati pusat dari salah satu daerah industrial terbesar yang menghubungkan lebih dari 4.000 perusahaan lokal dan internasional. Untuk itu, kami menyiapkan 176 kamar di hotel ini,” ujar Chris Batterham, General Manager Holiday Inn Cikarang, Selasa (2/2/2016). 

Keuntungan strategisnya, lanjut Chris, hotel tersebut berada di antara destinasi bisnis utama Cikarang, antara lain Cikarang Technopark dan Korea Indonesia ICT Training Centre, lapangan golf, taman botani serta taman air. Akses di sekelilingnya terdiri dari area industri seperti Jababeka 1-6, EJIP, MM2100, KITIC, GICC, Cikarang Dry Port, dan Cikarang Technopark.

“Untuk MICE, kami punya ballroom terbesar di Jababeka yang dapat menampung sampai 1.000 orang,” kata Chris.

Saat ini, IHG saat ini memiliki 18 hotel yang beroperasi lewat empat brand di Indonesia, termasuk InterContinental, Crowne Plaza,Holiday Inn, dan Holiday Inn Express dengan 26 pengembangan yang akan datang. Di Indonesia sendiri ada enam hotel Holiday Inn dan delapan properti yang akan dimunculkan dalam tiga hingga lima tahun mendatang. 

Okupansi

Banyak perusahaan multinasional membuka bisnisnya dan membangun pabrik produksinya di Cikarang, Bekasi, sehingga membuat bisnis hotel di kawasan itu punya potensi okupansi tinggi dan ketatnya persaingan. Catatan Kompas.com tahun lalu, okupansi hotel pada akhir pekan bisa mencapai 90 persen lebih, dan 70 persennya diisi oleh komunitas Jepang.

“Tak kurang ada 1.000 perusahaan di sini yang berada di beberapa kawasan industri dan umumnya adalah PMA asal Jepang dan Korea Selatan. Keberadaan hotel ini diharapkan mampu mengisi kekurangan pasokan hotel di kawasan industri seperti Cikarang,” kata Preadi Ekarto, Komisaris ISPI Group, saat membuka Whiz Prime Cifest di Cikarang.

Sementara itu, PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk memperkirakan Hotel Enso yang tengah dibangunnya itu akan mulai beroperasi pada kuartal III tahun ini. Hotel tersebut juga dirancang khusus untuk “menangkap” ekspatriat Jepang yang bekerja di kawasan Industri Cikarang, Bekasi dan Jakarta.

Head of Investor Relation Bekasi Fajar, Asa Siahaan, mengatakan operasional hotel tersebut akan menjadi kontributor pendapatan perseroan dalam jangka panjang. Hotel bisnis yang dibangun dengan investasi sebesar 10 juta dolar AS itu terletak di dalam area komersial kawasan industri MM2100 dekat pintu akses tol Jakarta-Cikampek. 

Baca juga: 70 Persen Tamu Hotel di Cikarang Orang Asing

properti.kompas.com