Bebas Alergi di Rumah Sendiri

Big Banner

Bagi Anda yang memiliki alergi, menjaga kebersihan rumah agar bebas dari alergen adalah hal wajib. Apa yang menjadi alergen Anda adalah hal yang pertama kali harus Anda tahu.

Menjaga kebersihan secara ketat dan rutin sehingga Anda dapat bernapas lega adalah salah satu hal penting. Berikut tips dari kompas.com agar Anda terbebas dari alergi di rumah sendiri:

1. Singkirkanlah Debu

Debu adalah salah satu hal yang seringkali tidak terlihat, namun dapat mengakibatkan sesuatu yang fatal bila dibiarkan menimbun. Jangan menunggu sampai debu menimbun di rumah Anda. Debu telah terbukti dapat menjadi alergen bagi sebagian orang. Bersihkan permukaan dan vakumlah lantai secara teratur.

Baca juga: Bersih-bersih Rumah yang Menyenangkan

Gunakan semprotan dan perawatan khusus untuk membersihkan karpet Anda. Terakhir, gunakan selimut untuk setiap tempat tidur yang Anda gunakan secara teratur untuk mencegah tungau dan debu pada seprai.

2. Tertibkan Tanaman dan Hewan Peliharaan

Sebagian besar dari kita menikmati memiliki rumah penuh tanaman hias, bunga, dan hewan peliharaan. Ada beberapa orang yang  alergi terhadap tanaman atau hewan peliharaan tersebut.

Karena tanah yang digunakan pada pot tanaman dapat menjadi tempat untuk tumbuhnya jamur, sehingga sebaiknya taruhlah tanaman di luar rumah.

Jika Anda ingin memiliki tanaman dalam rumah, tanaman buatan dapat menjadi solusi. Tidak hanya terlihat cantik, tetapi tanaman ini tidak akan membuat Anda repot, karena tidak butuh disiram dan dipupuk. Jika Anda benar-benar harus memiliki beberapa tanaman di dalam rumah, lapisi permukaan tanah dengan kerikil akuarium.

Baca juga: Hewan Peliharaan yang Pas untuk si Kecil

Sementara untuk hewan peliharaan, sebelum mengadopsi kucing, anjing, atau binatang berbulu lainnya, pastikan Anda tidak memiliki alergi saat melakukan kontak fisik dengan hewan tersebut. Jika Anda memiliki alergi tetapi tidak tega meninggalkan mereka di luar rumah, setidaknya kurangi intensitas di dalam rumah.

Pastikan Anda tidak membiarkan binatang peliharaan tidur di tempat tidur.

3. Gunakanlah Permukaan Kayu

Seperti kasur, dinding-dinding karpet adalah perangkap bagi tungau debu dan alergen lainnya, seperti serbuk sari dan ketombe. Hal ini bisa menjadi makin parah. karena Anda tidak benar-benar melihat ketika alergen ini berkembang biak di celah-celah karpet.

Dengan permukaan kayu, Anda dapat langsung melihat saat bola debu mulai terbentuk dan membersihkannya segera. Namun, jangan tunggu hingga Anda benar-benar dapat melihat debu tersebut. Bersihkanlah tungau dan debu secara teratur walaupun belum terlihat.

4. Tinggalkan Alas Kaki di Luar Rumah

Meninggalkan sepatu di luar rumah, bukan hanya akan menghindarkan bekas kotoran yang terinjak oleh sepatu, tapi juga menjauhkan jutaan organisme yang tak terlihat yang bisa saja menjadi pemicu alergi. Organisme yang tak terlihat bisa saja berkontribusi terhadap keseluruhan dari rumah yang kotor dan bisa menjadi penyebab alergi.

5. Periksa Tirai

Jika Anda memiliki tirai di dalam rumah Anda, pastikan Anda menjaganya. Vakum tirai setiap seminggu sekali, dan cuci setiap sebulan sekali.

Perhatikan tirai Anda terutama selama jendela Anda terbuka. Anda tidak tahu jenis organisme apa yang menempel pada tirai ketika angin berhembus menyentuh tirai apa.

6. Hindari genangan

Dua daerah paling umum di mana genangan timbul adalah dapur dan kamar mandi. Periksa seluruh permukaan bak dan dasarnya, apakah ada keretakan yang mengakibatkan genangan di ruangan tersebut. (Wit)

Baca juga: Empat Cara Agar Dapur Anda Selalu Bersih

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me