Ini 4 Proyek Rel Kereta di Luar Jawa Milik Pemerintah

Big Banner

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun jaringan rel kereta api baru di luar Pulau Jawa, yakni di Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Pembangunan jaringan rel baru di Kalimantan mencapai 2.428 km, Sulawesi 1.513 km, Sumatera 1.520 km, dan Papua 1.550 km.

Ditargetkan semua provinsi yang ada di Pulau Sumatera akan tersambung jaringan kereta paling lambat tahun 2019. Total dana yang dibutuhkan untuk merealisasikan rel di Sumatera ini mencapai Rp 77,62 triliun. Pembangunannya akan dibiayai dari APBN dan dana pinjaman yang diperoleh dari Jepang.

BACA JUGA : MENGENAL 6 JENIS RAMBU LALU LINTAS DI INDONESIA

Sedangkan untuk rel baru yang dibangun di Kalimantan akan memakan dana Rp 172,55 triliun dan ditargetkan semua pembangunan jaringan rel baru akan selesai tahun 2030 mendatang. Jaringan rel akan dibangun dari ujung barat Kalimantan menuju utara Kalimantan. Pembangunan rel di pulau ini melalui 3 fase yang berujung di tahun 2030.

Pembangunan jaringan rel di Sulawesi diperkirakan akan memakan biaya hingga Rp 64,61 triliun.  Pembangunan fase I akan selesai pada tahun 2018, dan fase II hingga tahun 2025 yang akan datang.

Sementara untuk pembangunan jaringan rel di wilayah Papua, pengembangan sarana dan prasarana kereta akan difokuskan di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat. Jaringan rel baru di Papua yang dikembangkan sepanjang lebih dari 1.000 km tersebut membutuhkan dana sekitar Rp 108,3 triliun. Pemerintah akan mengutamakan ruas Sorong-Manokwari sepanjang 390 km.

rumahku.com