Kombinasi Dinding Luar Rumah

Big Banner

Jakarta, solusiproperti.com – Jika Anda sedang membangun sebuah rumah baru atau berencana untuk mengubah suasana rumah yang ada, salah satu keputusan paling penting adalah memilih warna eksterior yang tepat. Warna cat rumah memiliki dampak yang besar pada penampilan keseluruhan, sehingga sangat penting untuk memilih kombinasi warna terbaik untuk dinding luar rumah kita.

Memilih warna untuk bagian luar rumah memang bisa sedikit membingungkan, tetapi cobalah mencari dua atau lebih warna yang dapat menyatu dengan baik, baik itu saling melengkapi atau kontras. Tentukan tujuan utama Anda memilih warna, seperti apakah untuk mempertajam detail arsitektur atau hanya untuk menentukan warna komplementer untuk jendela, pintu dan dinding, atau tujuan lain. Warna dapat membuat perubahan besar pada tampilan rumah. Untuk memudahkan kita dalam memilih warna, pertimbangkan desain rumah dan skala serta gaya arsitektur di lingkungan dan wilayah Anda. Warna-warna eksterior terbaik memiliki hubungan kontekstual dengan lingkungan di sekitarnya.

Tidak seperti warna interior, warna eksterior rumah dapat mempengaruhi seabgian besar desain karena memang posisinya yang berada di luar, serta dapat membuat pemilik rumah bimbang untuk memilih kombinasi warna yang baik. Selain itu, sejumlah faktor turut berperan penting yang berbeda ketika kita memilih warna interior, seperti lansekap, taman, garasi, atap dan masih banyak lagi.

Rencanakan bagian-bagian sekitar yang paling sulit untuk diubah terlebih dahulu. Kecuali jika Anda melakukan renovasi penuh, permukaan seperti atap atau genteng, batu, jalan setapak di taman, jalan masuk tentunya akan tetap di tempat dan tidak berganti posisi. Perhatikan bagian ini agar menjadi pertimbangan saat Anda memilih warna eksterior.
Carilah nada warna yang tepat di antara bagian-bagian tersebut yang mungkin dapat memberikan inspirasi kombinasi warna yang cocok. Pertimbangkan warna yang akan mengikat setiap bagian tetap utuh dengan cara yang harmonis.
 
Pertimbangkan gaya arsitektur dan umur rumah Anda. Misalnya Anda memiliki rumah klasik yang berdiri sejak jaman penjajahan, atau sebuah rumah kecil minimalis dengan sentuhan modern, skema warna eksterior yang Anda pilih harus sesuai dengan gaya rumah Anda.
 
Jika Anda masih bingung, banyak produsen cat menawarkan koleksi warna dengan historis yang cukup akurat, yang dapat menjadi batu loncatan untuk menentukan warna berdasarkan gaya rumah. Anda tidak harus benar-benar mengikuti sejarah rumah Anda asalkan tetap selaras dengan gaya dan lingkungan, tapi untuk hasil yang paling baik usahakan agar tidak menyimpang terlalu jauh.
 
Selain gaya, pertimbangkan juga tentang efek visual yang ingin Anda tampilkan. Hubungkan rumah Anda dengan taman, lanskap atau jalan di sekitarnya. Misalnya jika rumah Anda berada di tepi jalan dengan jajaran pohon yang menjulang tinggi, Anda dapat memilih warna yang sedikit lebih terang dan cerah sehingga membuat rumah Anda sedikit menonjol. Sebaliknya, rona gelap dapat membuatnya tampak surut.
 
Kita dapat memilih tiga atau lebih warna cat yang berbeda. Pada dasarnya, skema warna dinding luar rumah memiliki tiga bagian dasar: warna utama yang mendominasi, warna aksen untuk pintu, jendela dan daerah lainnya yang lebih kecil, dan warna trim yang digunakan untuk pembatas seperti frame jendela dan pintu, batas atap, pagar dan lainnya.
 
Idealnya, warna trim harus kontras dengan warna utama. Jika rona warna utama Anda adalah gelap, pertimbangkan menggunakan warna trim, krem atau warna pucat lain. Sebuah bidang warna utama cerah dapat tampil memukau dengan warna trim lebih gelap, untuk menghasilkan efek dramatis. Jangan ragu untuk bereksplorasi dengan warna aksen asalkantidak berlebihan. Sebuah pintu dengan warna merah terang atau kuning lemon mungkin lebih cocok dengan warna utama yang sedikit gelap untuk membuat kontras.
 
Jangan mengandalkan hanya dari satu kombinasi warna saja. Sama seperti warna interior, nuansa warna dinding luar rumah juga dapat sangat bervariasi secara signifikan tergantung dari suasana di sekitarnya. Dan karena memilih warna luar rumah membutuhkan lebih banyak usaha dibandingkan dengan memilih warna interior, kita pasti ingin mendapatkan hasil yang benar-benar optimal.
 
Beberapa tips memilih warna dinding luar rumah di atas hanyalah saran yang sesuai dengan sebagian besar desain rumah. Tapi Anda tetap harus menyesuaikan dengan kondisi sebenarnya di rumah Anda. Untuk melakukan pengujian kita dapat membeli cat dan mengujinya pada area yang tidak mencolok dari rumah Anda. Pelajari dan perhatikan beberapa hari di bawah kondisi cuaca yang berbeda. Bagaimana pengaruhnya terhadap cahaya? Bagaimana penampakannya saat malam hari? Pengujian ini bisa menjadi cara yang paling tepat untuk menentukan secara pasti kombinasi warna dinding luar rumah Anda.
 
 

 

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me