Kreatif Menentukan Warna Eksterior Rumah Tepat Dan Mudah

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Pemilihan warna eksterior rumah yang tepat akan memunculkan keharmonisan bangunan. Karena warna tersebut akan menghasilkan efek cahaya yang memperindah tampilan, sehingga penentuan warna eksterior penting untuk diperhatikan.

Ronique Gibson dalam situs Freshhome.com, berpendapat bahwa menambahkan warna adalah cara paling mudah untuk membuat perubahan besar pada tampilan rumah. Perubahan ini akan menjadikan rumah lebih eye catching. Untuk melakukan itu, berikut beberapa cara untuk menentukan warna eksterior yang tepat dan mudah.

Gaya Arsitektur Rumah

Warna eksterior rumah akan mencerminkan sebuah kepribadian. Misalnya untuk menunjukkan kemegahannya dapat dipilih warna lembut dan trendi. Tetapi warna tersebut sebaiknya disesuaikan dengan gaya arsitektur bangunan. Maka, perhatikan gaya arsitektur rumah untuk menentukan warna yang dipilih. Gunakan warna netral sebagai penyeimbang aksen warna yang berani.

Gunakan Alam

Lingkungan rumah dapat memengaruhi pilihan warna eksterior. Gunakan warna yang ditemukan di lingkungan sekitar rumah sebagai warna eksterior. Untuk rumah sekitar pantai, misalnya warna catnya dapat disesuaikan dengan warna dari komponen alam di area tersebut seperti pasir, air, dan langit. Kesan itu bisa diperoleh dengan nuansa putih pucat, cokelat biru, kuning, dan hijau pucat.

Berdasarkan Material

Material yang digunakan sebagai eksterior rumah juga dapat menjadi pilihan warna yang baik untuk dinding luar rumah. Bata, dinding, plester, dan beton akan menciptakan warna-warna unik, seperti kuning agak keputihan hingga warna tergelap yaitu abu-abu arang. Maka, perlu dipilih bahan yang mewakili gaya yang disukai kemudian padu padankan warna cat dengan material tersebut.

Warna Menarik

Berbeda dengan interior, warna eksterior rumah dipengaruhi oleh pancaran cahaya. Karena itu, sebaiknya pilih warna yang menarik setiap saat, baik siang maupun malam. Warna hendaknya lebih menonjol dari warna landscape sekitar.

Tujuannya, agar ketika matahari terbenam warna tersebut tidak tersamarkan oleh warna sekitarnya. Itulah mengapa para pakar desain eksterior menyarankan agar rumah-rumah yang dikelilingi pohon cemara memilih warna jauh dari hijau agar terlihat lebih menonjol.

Perhatikan Rumah Tetangga

Ronique berpendapat bahwa memerhatikan rumah tetangga sekitar juga bisa menjadi acuan untuk menentukan warna eksterior rumah. Maka, tidak ada salahnya berjalan dan menilai warna yang ada di sekitarnya. Menurutnya, kunci untuk memilih warna eksterior rumah yaitu berusaha untuk menjadi unik sesuai keinginan, namun tetap berbaur harmonis dengan rumah-rumah tetangga.

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me