Memilih Genteng Yang Baik Untuk Rumah

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Layaknya rambut, genteng adalah mahlota dari rumah. Genteng berada pada bagian atas rumah, melindungi rumah dan isinya dari ancaman yang akan datang seperti terik matahari, derasnya hujan, bahkan robohnya pohon. Genteng juga menjadi bagian pertama yang dilihat ketika seseorang memandangi rumah Anda. Untuk itu pemilihan dan pemeliharaan genteng amatlah penting, baik dari segi perlindungan maupun estetika arsitektur rumah.

Ada beberapa tips yang mungkin berguna dalam memilih genteng yang paling cocok untuk rumah Anda. Simak berikut ini :

  1. Pililh tipe genteng yang cocok dengan design rumah kita. Warna – warna seperti hitam, abu – abu , dan biru, lebih cocok diterapkan pada rumah berdesign minimalis. Sedangkan rumah berdesign klasik dapat memilih warna genteng oranye atau merah marun.
  2. Tentukan sudut kemiringan 30 derajat, yang merupakan sudut kemiringan yang disarankan oleh semua spek genteng, jika memang harus kurang dari 30 derajat karena keadaan yang tidak mungkin sebaiknya pilih penutup dari metal (genteng metal) yang dapat menjamin keamanan terhadap tampias pada sudut lantai.
  3. Pilih genteng sesuai dengan keuangan yang anda miliki. Cara menghitungnya dengan menanyakan kepada penjual harga ganteng per meter persegi. Jadi akan lebih mudah mengukurnya.
  4. Bahan yang paling bagus untuk genteng adalah yang terbuat dari tanah. Genteng yang terbuat dari tanah amat ringan, sehingga tidak terlalu berat membebani dinding dan fondasi rumah dan juga tidak panas.
  5. Hindari genteng yang berat dan memiliki lapisan semen. Karena lapisan semen dapat dengan mudah dikikis oleh air hujan yang lama kelamaan bisa menyebabkan kebocoran.
  6. Pilihlah genteng yang memiliki daya tutup baik untuk rumah yang berada di wilayah dengan curah hujan tinggi. Jangan gunakan genteng dengan daya tutup minim,seperti halnya genteng plentong, karena amat beresiko tampias.
  7. Khusus genteng tanah/keramik, ketuklah genteng yang akan dibeli, genteng yang telah dibakar secara sempurna akan menghasilkan suara yang berdenting.
  8. Pilih genteng kecil untuk rumah kecil dan genteng besar untuk rumah besar. Untuk estetika keindahan design exterior rumah anda.
  9. Test kekuatan genteng dengan meletakkannya di bidang datar lalu diinjak. Jika genteng berkualitas baik, maka genteng tidak akan pecah ketika terinjak oleh orang dewasa.

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me