AFAIR UI: Menyampaikan Peran Penting Seorang Arsitek

Big Banner

Depok,SolusiProperti.com-Sebanyak 177 karya desain mahasiswa Arsitektur dan Interior Arsitek Universitas Indonesia (UI) dipamerkan dalam pameran tahunan Architecture Fair UI (AFAIR UI 2016) Galeri Nasional Indonesia. Acara tersebut didukung pula oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta dikurasi oleh Prof. Yandi Andri Yatmo, S.T., Dip. Arch., M.Arch., Ph.D.

Pameran yang juga merupakan salah satu bagian dari rangkaian perayaan 50 tahun Departemen Arsitektur UI ini menampilkan karya terbaik dari mahasiswa program studi Strata 1 (S-1), S-2, dan program profesi. Melalui AFAIR tersebut, mahasiswa Departemen Arsitektur UI berupaya untuk menyampaikan peran penting seorang arsitek untuk mengharmonisasikan kebutuhan manusia dan sumber daya yang terbatas. Pameran ini pun digelar untuk mengajak seluruh masyarakat sehingga dapat memahami pentingnya menjalin kehidupan yang berkelanjutan (sustainable).

Acara ini sekaligus sebuah medium ekspresi bagi mahasiswa Aristektur UI untuk menunjukkan eksistensi dan karyanya, di saat bersamaan menyampaikan pandangan yang bermanfaat bagi masyarakat luas. “AFAIR UI mengajukan sebuah pernyataan kritis bahwa dalam membangun ruang hidup penting bagi seorang arsitek untuk mendalami proses berpikir dalam mendesain serta memahami konteks sehingga mampu menggagas arsitektur yang kontekstual. Dengan demikian, arsitektur tidak hanya dinilai lewat wujud fisik semata, tetapi juga lewat keberadaannya yang dapat menjawab konteks dengan cara yang juga kontekstual sehingga arsitektur tersebut akan menjadi indah dan bermakna dengan sendirinya,” ujar Yandi.

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me