Asing Berlomba Menjual Properti ke Seluruh Dunia

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Globalisasi dan keterbukaan membuka kesempatan kepada setiap orang di seluruh belahan dunia melakukan kegiatan bisnis dan investasi di luar negaranya. Negara-negara di dunia kini berlomba memberikan kemudahan agar para pemilik uang tertarik menanamkan uangnya. Bukan hanya sektor riel dan jasa, properti kini juga jadi obyek investasi yang cukup menarik di luar negeri.

Busan, Korea Selatan

Busan, Korea Selatan

Monica Nardi, CEO RE/MAX Indonesia, perusahaan agen properti asal Amerika Serikat (AS), konsumen dan investor bisa melirik properti di sejumlah negara karena prospeknya cukup bagus dan kemudahan yang diberikan. Misalnya pengenaan pajak rendah, dukungan pembiayaan perbankan, dan lain-lain. Di beberapa negara Asia juga tengah dikembangkan sejumlah proyek skala besar yang kapitalisasinya menjanjikan, seperti di Korea dan Singapura.

“Sekarang era pasar bebas, investasi di sektor properti semakin besar dan luas. Pemainnya juga dari seluruh dunia, karena itu broker tidak boleh jago kandang, mereka harus mampu memasarkan properti luar negeri dan properti local kepada pembeli asing,” kata Monica di Jakarta belum lama ini.

Untuk mendapatkan gambaran mengenai situasi industri properti di beberapa negara, berikut paparan RE/MAX dari perwakilan berbagai negara.

 

Allen Jordan, RE/MAX Goshen Singapura

Kebijakan pemerintah Singapura untuk meredam kepemilikan hunian bagi warga asing justru membuka peluang investasi di segmen properti komersial. Untuk segmen ini pemerintah Singapura belum menerapkan kebijakan yang membatasi warga asing membeli properti komersial di Singapura.

Pajak pembelian properti komersial di Singapura juga jauh lebih rendah dibanding pajak hunian. Selain itu harga sewa properti komersial di Singapura selalu naik setiap tahun. Propertinya makin menarik karena menurut index internasional Singapura merupakan negara ternyaman di Asia dan pemerintahnya berkomitmen dalam menata masterplan kota.

Singapura juga akan mengembangkan kota mandiri Tanjong Pagar. Lokasi proyek ini dikenal sebagai hot spot investment dengan banyaknya developer ternama tengah bersiap mengembangkan kawasan ini. Kota mandiri lainnya yang tengah disiapkan adalah Jarong yang akan menjadi kawasan CBD kedua sehingga akan diburu para investor global. Fundamental ekonomi Singapura yang sangat kuat jadi alasan lain para investor berlomba masuk ke negara kota ini.

 

Justine Yu, RE/MAX Korea

Tingginya minat investasi di Korea Selatan salah satunya karena destinasi wisata yang sangat menawan. Wisata di negeri ginseng bukan hanya menawarkan panorama alam tapi juga dunia hiburan (entertainment) yang dikemas sangat menarik. Salah satunya K-Pop yang digemari masyarakat dari berbagai belahan dunia.

Negara ini tengah mengembangkan kawasan mandiri di Kota Busan yang di dalamnya akan dibangun superblok dan kawasan hiburan. Yang menarik negara ini menerapkann pajak sangat rendah untuk investor asing.

 

Wigan Sugandi, Capital Value International Group

Australia juga menawarkan kemudahan berinvestasi bagi investor asing. Pemerintah Australia berperan sebagi penjamin bagi warga asing yang ingin memiliki properti di negerinya. Salah satu daya tariknya pembeli cukup menyiapkan dana sebesar 10 persen dengan harga properti yang lebih rendah dibandingkan Singapura.

Karena itu beberapa kota di Australia dikenal sebagai destinasi bagi pendatang asing. Yang juga penting capital value di negara ini lebih tinggi dibandingkan negara lainnya termasuk dibandingkan Indonesia.

 

Nathan Brekken, Director Global Development RE/MAX LLC

Negara yang juga menawarkan capital value tinggi adalah Amerika Serikat (AS). Di negara ini pemerintahnya menerapkan kebijakan transparan bagi pelaku bisnis. AS juga menjadi kiblat bisnis global dan menjadi acuan pertumbuhan ekonomi dunia. Kendati negara ini mengalami dampak krisis ekonomi paling berat beberapa waktu lalu, AS bisa kembali pulih dan sektor propertinya sangat bergairah.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me