REI : Tapera Harus Bisa Menjamin Pasokan Rumah

Big Banner

Jakarta-Pengembang properti yang tergabung di Real Estate Indonesia (REI) berharap Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) bisa ikut menjamin ketersediaan pasokan rumah.

“Kami usulkan kiranya tujuan dari Tapera itu bisa diperluas, sehingga bisa mencakup sisi pasokan (supply side) khususnya ketersediaan lahan,” kata Sekjen DPP REI Hari Raharta Sudrajat, di Jakarta belum lama ini.

Menurut dia, tujuan dari Tapera jangan dilihat dari sisi demand (permintaan) tetapi juga dari supply side (sisi pasokan). Berdasarkan rantai pasokan pembangunan perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), kata dia, masih melihat tujuan Tapera sebatas kepada sisi pasokan (demand side) yaitu pembiayaan primer perumahan dan pembiayaan sekunder perumahan.

Hari mengatakan, perluasan ini berangkat dari pengalaman para anggota REI yang banyak mengalami kesulitan untuk memperoleh lahan secara terjangkau ketika ingin berpartisipasi dalam program perumahan dengan fasilitas likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

“Usulan kami, di Tapera nanti ada alokasi dana untuk pencadangan tanah sehingga pendelegasian pengaturan alokasi dana Tapera ke peraturan pemerintah memiliki acuan Undang Undang. Pencadangan tanah perlu dinormalkan melalui perluasan pembangunan dana Tapera,” harapnya.

Karena itu, ujar dia, REI menyambut positif rencana pengesahan RUU Tapera menjadi UU karena dapat melakukan pengumpulan dana murah jangka panjang untuk sektor perumahan. Selanjutnya, dapat lebih mudah merealisasikan pembangunan perumahan sekaligus mengurangi backlog. “Dengan adanya dana tapera maka backlog perumahan akan secara berangsur bakal berkurang secara signifika setiap tahunnya,” kata Hari.

Investor Daily

Imam Muzakir/EDO

Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me