Desain Rumah Hemat Energi Yang Mudah Dan Murah

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Secara umum, desain rumah hemat energi adalah sebuah desain rumah yang dirancang sedemikian hingga penggunakan sumber daya energi di rumah tsb dapat dilakukan secara efektif namun tetap nyaman untuk penghuninya. Misalnya bagaimana penerangan di siang hari dapat dilakukan hanya mengandalkan sinar matahari tanpa menggunakan lampu atau bagaimana Anda tidak merasa kepanasan di rumah tanpa harus menggunakan AC.

Membuat desain rumah hemat energi yang wah memang memerlukan biaya tidak sedikit, namun Anda tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat rumah Anda hemat energi namun dengan cara murah dan mudah.

1. Hindari Arah Barat

Rumah yang menghadap ke arah barat akan terasa jauh lebih panas karena rumah Anda akan terkena banyak sinar matahari siang. Untuk itu salah satu tips membuat desain rumah hemat energi adalah dengan menghindari arah barat. Anda pun dapat membuat rumah Anda menghadap utara yang sangat baik untuk fengshui bila Anda mempercayainya.

Lalu bagaimana bila Anda terlanjur memiliki rumah yang menghadap ke barat? Cara termudah dan terbaik untuk mengakali dan membuat desain rumah hemat energi adalah dengan menanam atau meletakkan pepohonan di depan rumah Anda untuk menyaring sinar matahari yang masuk ke rumah Anda. Atau Anda pun dapat memasang kanopi di depan rumah Anda untuk menyaring cahaya matahari.

2. Perbanyak Ventilasi dan Jendela

Ventilasi berfungsi untuk pertukaran udara sehingga udara panas yang ada di dalam rumah dapat diganti dengan udara yang lebih segar dari luar rumah. Jendela berfungsi selain sebagai ventilasi juga untuk memasukkan cahaya matahari ke dalam rumah. Perhatikan jumlah ventilasi dan jendela untuk setiap ruangan dalam membuat desain rumah hemat energi sehingga Anda tidak akan merasa kepanasan dan tak perlu menyalakan lampu di siang hari. Ingat menyalakan lampu membuat suhu udara di ruangan meningkat selain memerlukan biaya listrik.

Banyaknya ventilasi pun akan membuat sirkulasi udara di rumah Anda lebih baik sehingga terhindar dari udara lembab di dalam rumah penyebab jamur di tembok rumah.

3. Buatlah Bak Penampungan

Air hujan kadang tidak dapat terserap dengan baik ke dalam tanah karena beberapa alasan. Salah satu solusi untuk memanfaatkan air hujan agar tidak terbuang percuma adalah dengan membuat bak penampungan air hujan untuk selanjutnya digunakan untuk menyiram tanaman atau kebun di halaman rumah Anda. Dengan membuat desain rumah hemat energi ini, walaupun musim kemarau maka Anda tidak akan kesulitan mendapatkan air, selain itu bila Anda pengguna air ledeng maka Anda tak perlu mengeluarkan biaya air untuk keperluan kebun Anda dan keperluan sehari-hari Anda. Ingat air hujan adalah air bersih dan sumber rejeki, jadi sudah sepantasnya kita manfaatkan.

4. Perbanyak Tanaman di Halaman Rumah

Tanaman sangat erat kaitannya dengan membuat desain rumah hemat energi. Fungsi tanaman bermacam-macam, misalnya untuk keindahan, sebagai sumber makanan, menyaring cahaya matahari, dan memperbanyak produksi oksigen sehingga rumah Anda terasa lebih adem. Anda dapat menanam apa saja yang Anda sukai, namun menanam buah-buahan dan sayuran untuk konsumsi keluarga Anda akan jauh lebih baik. Selain dapat membuat desain rumah hemat energi, dengan menanam sayuran dan buah akan menghemat pengeluaran Anda membeli bahan makanan dan enaknya lagi semua bahan makanan tsb lebih aman karena tak mungkin Anda menggunakan pestisida atau bahan pengawet untuk makanan Anda.

Bagaimana bila rumah Anda sempit atau memiliki lahan terbatas? Anda masih dapat berkebun dengan menggunakan pot secara vertikal untuk membuat desain rumah hemat energi yang Anda idamkan.

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me