Cara Praktis Menambal Genteng Bocor

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Genteng berfungsi untuk melindungi rumah dari terpaan sinar matahari maupun guyuran hujan. Namun apa jadinya bila genteng bocor, tentunya sangat tak nyaman bila harus tinggal di rumah yang selalu mengalami kebocoran selain furnitur di dalam rumah pun mudah mengalami kerusakan karena kebocoran tersebut.

Masalah genteng bocor memang seringkali membuat kesal para penghuni rumah tersebut. Namun sebelum Anda memutuskan untuk mengganti genteng tersebut dengan yang baru, alangkah baiknya bila Anda mencoba cara praktis menambal genteng bocor berikut ini, mudah dan lebih hemat biaya.
 

1. Menggunakan Styrofoam

Styrofoam biasanya banyak digunakan dalam kemasan elektronik. Bila Anda memiliki Styrofoam bekas, daripada dibuang menjadi limbah yang sulit didaur ulang, sebaiknya Anda manfaatkan untuk menambal genteng bocor. Caranya cukup mudah, namun sebelum memulai membuat pasta penambal sebaiknya Anda siapkan dulu bahan-bahan seperti kaleng, ampelas, kuas, bensin dan jangan lupa Styrofoam.

Cara Pembuatan Pasta Styrofoam:

  • Potong Styrofoam menjadi ukuran kecil-kecil lalu masukkan ke dalam kaleng.
  • Tuangkan bensin secukupnya ke dalam kaleng berisi Styrofoam tsb. Bensin mampu melarutkan Styrofoam tsb sehingga berbentuk cairan kental. 
  • Aduk campuran tsb hingga merata.

Cara Menambal Genteng Bocor Menggunakan Pasta Styrofoam

  • Haluskan permukaan genteng yang retak dengan ampelas sehingga pori-pori genteng tsb lebih terbuka.
  • Oleskan pasta Styrofoam dengan kuas pada permukaan genteng yang retak tsb. 
  • Biarkan mengering.

Cara menambal genteng bocor menggunakan pasta Styrofoam ini dapat bertahan hingga 6 bulan saja oleh karena itu Anda perlu mengulang lagi cara di atas setelah 6 bulan atau lakukan cara yang sama bila keretakan muncul kembali.
 

2. Menggunakan Semen

Semen biasanya dicampurkan dengan pasir atau digunakan sendiri untuk merekatkan bahan bangunan seperti batu bata, keramik, dll. Selain itu ternyata semen juga dapat digunakan untuk menambal genteng bocor karena keretakan loh. Bahkan daya rekat semen ini mampu bertahan hingga 2-3 tahun. Dan semen putih diklaim memiliki daya rekat yang lebih baik dibandingkan semen biasa.

Sebelum Anda menggunakan cara menambal genteng bocor menggunakan semen, maka Anda memerlukan peralatan dan bahan seperti kaleng, ampelas, scrap, semen putih, dan air.

Cara Membuat Bahan Perekat Dari Semen

  • Campurkan semen putih dan air sesuai dengan petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan.
  • Aduk hingga tercampur merata.

Cara Menambal Genteng Bocor Menggunakan Semen

  • Bersihkan permukaan genteng yang akan ditambal dengan ampelas.
  • Oleskan adonan semen tadi pada genteng yang telah dibersihkan dan pastikan adonan tsb menutupi celah-celah atau retakan pada genteng.

3. Menggunakan Cat Pelapis Anti Bocor / Waterproof

Musim penghujan datang, iklan cat pelapis anti bocor pun mulai bermunculan. Cat waterproof ini memang sangat disarankan digunakan untuk melindungi genteng dari pengaruh cuaca seperti hujan dan teriknya matahari. Daya tahannya yang mencapai hingga 5 tahun dan harganya yang cukup terjangkau membuat orang banyak yang memilih cara menambal genteng bocor menggunakan cat waterproof ini.

Untuk menggunakan cat waterproof dalam menambal genteng bocor, pastikan Anda membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan yang ada di kemasan.

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me