Beragam Cara Mengatasi WC Mampet Di Rumah Anda

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-WC mampet merupakan salah satu masalah yang kadang harus dialami setiap rumah tangga. Penyebab WC mampet dapat bermacam-macam, baik disengaja atau tidak sengaja, namun umumnya karena ada sampah yang tidak dapat terurai dan menghambat saluran pembuangan, misalnya ada gumpalan tissue, pembalut, pakaian, mainan anak, dll.

Ada 2 cara ampuh mengatasi WC mampet di rumah Anda yaitu yang pertama adalah cara mengatasi WC mampet tanpa disedot dan yang kedua adalah cara mengatasi WC mampet dengan disedot.
 

Cara Mengatasi Wc Mampet Tanpa Penyedotan

Sebelum melakukan cara mengatasi WC mampet atau memperbaiki WC mampet sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Pindahkan barang-barang yang ada di kamar mandi atau di sekitar toilet ke tempat yang aman agar tidak tercemar kotoran dari toilet
  2. Gunakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan Anda dari kotoran toilet. 
  3. Gunakan masker / penutup hidung. 
  4. Akan lebih baik bila cara mengatasi WC mampet tanpa penyedotan ini dilakukan malam hari saat aktivitas ke kamar mandi berkurang.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi WC mampet tanpa penyedotan:

 

 

Cara Mengatasi WC Mampet Menggunakan Alat Pembantu

Cara mengatasi WC mampet menggunakan plunger dapat dilakukan untuk menarik benda-benda yang jatuh dan menyumbat lubang toilet.

Selain itu bila yang menyumbat lubang WC adalah benda keras seperti mainan anak-anak, Anda juga dapat menggunakan alat lain seperti selang panjang dan hanger dari kawat yang digunakan untuk menarik benda yang menyumbat tsb. Ingat jangan mendorong ya .. mendorong benda tsb malah akan membuat benda yang menyumbat semakin jauh dari jangkauan.

 

Cara Mengatasi WC Mampet Menggunakan Sabun

Cara ini cukup efektif bila sumbatan tsb disebabkan oleh tissue atau kertas yaitu dengan menuangkan sabun cuci piring cair ke dalam lubangan toilet lalu tuang air panas. Diamkan selama beberapa menit untuk memberikan waktu yang cukup pada sabun untuk melonggarkan sumbatannya. Lalu siramlah dengan air seperti biasa.

Cara Mengatasi WC Mampet Menggunakan Bahan Alami

Bubuk Soda dan Cuka Putih merupakan bahan alami yang sering dijumpai di dapur. Anda dapat menggunakan bahan-bahan tsb untuk mengatasi WC mampet dengan cara berikut ini:

  • Tuang bubuk soda kue ke dalam toilet.
  • Lanjutkan dengan menuang cuka putih secara perlahan. Hentikan penuangan cuka saat ada tanda-tanda busa akan meluap. 
  • Biarkan selama beberapa menit. 
  • Siram dengan air panas, maka Anda akan melihat gelembung yang menandakan soda dan cuka sedang bekerja menghancurkan sumbatan. 
  • Diamkan beberapa jam atau semalaman.

Cara Mengatasi Wc Mampet Dengan Penyedotan

Bila masalah WC Anda tidak dapat teratasi dengan cara di atas, sebaiknya segera hubungi jasa sedot WC untuk mengatasi WC mampet di rumah Anda.

 

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me