Bantuan 400 Unit Rumah untuk Nelayan

Big Banner

Guna membantu nelayan tradisional kurang mampu untuk mendapatkan rumah layak huni, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan bangun  400 unit rumah.

Mengutip Okezone.com, Kasi Sarana dan Prasarana Bidang Perikanan Tangkap DKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tatang Risani, mengatakan, “Pada tahun ini kami akan membangun 300 unit rumah layak huni di Kabupaten Belitung dan 100 unit di Kabupaten Bangka Tengah.”

Dana pembangunan 400 unit rumah layak huni ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan nelayan tradisional, bantuan rumah layak huni ini akan diberikan kepada nelayan kurang mampu yang belum memiliki rumah layak huni dan tidak memiliki surat atau sertifikat tanah.

Baca juga: Aston Belitung Hotel Resmi Dibuka

“Saat ini masih banyak nelayan yang belum memiliki rumah layak huni, bahkan dalam satu rumah ada dua hingga tiga kepala rumah tangga menempati satu rumah,” katanya menambahkan.

Menurutnya, sebagian besar rumah nelayan yang ada di sepanjang pantai belum memiliki sertifikat tanah, sehingga mereka sulit mengakses modal usaha di perbankan atau mendapatkan bantuan CSR dari perusahaan di daerah ini.

“Bantuan rumah layak huni ini telah memiliki sertifikat, sehingga nelayan bisa mengakses pinjaman modal di perbankan untuk meningkatkan usaha dan kesejahteraan keluarganya,” katanya. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me