Jika Anda Putuskan Jual Rumah, Lakukan Segera!

Big Banner

Menjual rumah memang tidak gampang dan biasanya membutuhkan waktu. Karena itu, jika punya rencana untuk menjual rumah, Anda membutuhkan rencana matang.

Menentukan harga yang tepat dan menguntungkan, jelas menjadi prioritas utama. Selanjutnya, melakukan proses pemasaran yang efektif.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda memutuskan untuk menjual rumah. Seperti dikutip dari Bisnis, berikut lima hal penting untuk diketahui sebelum Anda menyesali keputusan menjual rumah:

Tidak ragu-raguMungkin Anda punya alasan khusus sehingga memutuskan untuk menjual rumah. Apapun alasan itu, pastikan keputusan Anda tersebut sudah final dan pasti. Tingkatkan kepercayaan diri tentang keputusan penjualan rumah ini dan mulai prosesnya secepat mungkin

Ini adalah langkah pertama dan yang terpenting. Apabila keputusan untuk menjual sudah pasti, jangan menunda-nunda lagi, segera lakukan hal-hal yang seharusnya sudah dikerjakan.

Baca juga: Menyiasati Kamar Tidur yang Kecil agar Terlihat Besar

Bersihkan isi rumahMembersihkan rumah sebelum dijual, mungkin adalah hal sepele, namun hal itu bisa membuat perbedaan besar terhadap calon pembeli. Karena itu, bersihkan isi rumah secara keseluruhan hingga mengkilap.

Anda juga bisa mengganti keran di rumah dengan yang baru. Lalu, periksa kembali fungsi pintu dan jendela rumah. Tak perlu khawatirkan biaya, karena hal-hal tersebut tidak mahal.

Pasang harga wajarPembeli hanya akan membayar berdasarkan nilai pasar untuk rumah Anda. Pembeli tidak memiliki keterikatan emosional terhadap rumah yang Anda miliki. Untuk mendapatkan nilai pasar sewajarnya, Anda dapat melihat dan membandingkan nilai rumah yang ada di wilayah Anda melalui internet. Bila masih tidak yakin dengan nilai rumah Anda, silahkan hubungi agen-agen properti lokal yang tepercaya.

Baca juga: Dekorasi Rumah untuk Rayakan Imlek

Pantau proses persiapan dokumenIni penting untuk diketahui apa yang harus dipersiapkan sebelum menjual rumah. Pelajari mulai dari persiapan surat dan dokumen apa saja yang dibutuhkan. Di internet telah banyak media yang memberikan informasi tentang hal ini. Dengan mengetahui prosesnya secara detail, diduga dapat mengurangi tingkat kecemasan Anda saat melakukan transaksi.

Siapkan perjanjian hitam di atas putihMenerima tawaran seorang pembeli, tapi setelahnya mereka menunda-nunda proses yang ada, tentunya cukup menganggu. Terlebih jika Anda ingin sesegera mungkin menjual rumah. Untuk mengantisipasinya, Anda perlu menyiapkan perjanjian hitam di atas putih. Hal ini penting untuk memastikan keseriusan si pembeli.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me