Tol  Depok – Antasari Terganjal Pembebasan Lahan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Jalan tol Depok – Antasari (Desari) yang dicanangkan sejak tahun 2006 sampai sekarang masih mengalami kendala. Masalah utama yang dihadapi adalah kendala pembebasan lahan. Padahal jalan tol ini diharapkan segera selesai untuk membuka sejumlah kawasan di Depok terutama Cinere dan sekitarnya. Tol Desari akan menghubungkan tiga kawasan yaitu Jakarta, Depok, dan Bogor yang membentang sejauh 21 km. Pembangunan tahap pertama sepanjang 9 km di ruas Antasari-Sawangan.

Pembangunan Jalan Tol Depok - Antasari

Pembangunan Jalan Tol Depok – Antasari

Lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan proyek ini 109 ha, pembebasan lahannya sudah mencapai 90 persen. Persoalan lainnya proyek ini adalah bengkaknya biaya pembangunan. Pembangunan tol Desari dicanangkan 10 tahun lalu sehingga asumsi biayanya tidak dapat dipakai untuk pembangunan sekarang.  “Ongkos konstruksinya jadi membengkak, makanya tahap satu yang dijadwalkan beroperasi tahun ini jadi molor,” ujar Tri Agus Priyanto, Direktur PT Citra Waspphutowa (pengelola jalan tol Desari), saat meninjau proyek di kawasan Antasari, Jakarta, Kamis (4/2).

Bahkan, untuk ruas tol tahap II di Sawangan-Bojonggede sepanjang 9 km pembebasan lahannya baru mencapai 20 persen dari total luas 71 ha yang dibutuhkan untuk proyek ini. Akibat kendala lahan ini pengerjaan proyek di tahap I dilakukan dengan spot-spot terpisah. Untuk anggarannya sendiri sebenarnya sudah ada pinjaman dari Bank BRI sebesar Rp2,1 triliun dari sekitar Rp3,5 triliun kebutuhan anggaran untuk tahap I, tapi anggaran ini baru terserap 15 persennya.

 

Proyek ini sendiri termasuk ke dalam prioritas yang wajib selesai pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo sesuai amanat Perpres No. 3/2016 mengenai percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional. Proses pembebasan lahan yang lambat ini berdampak pada konstruksi yang mestinya mencapai 60 persen pada kenyataannya baru mencapai 25 persen.

 

“Jalan tol ini akan memperlancar arus lalu lintas di jalur eksisting dari Antasari ke Sawangan yang saat ini macet banget. Nanti akan dibangun juga akses jalan frontage sejauh 16 km dengan jalan simpang susun di Antasari dan Krukut,” pungkasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me