Rumah Murah Berkembang di Cikande dan Tigaraksa

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pembangunan rumah murah di Banten semakin tersebar. Paling berkembang di kawasan selatan seperti Pandegelang dan Rangkasbitung. Sementara di wilayah timur banyak dikembangkan di Ciujung, Cikande, Ciruas, Tigaraksa, dan sedikit di Balaraja.  Menurut Sekretaris DPD REI Banten, Roni Hardiyanto, penyebaran rumah murah itu untuk mencari tanah murah. Ia menyebutkan di Ibukota Banten, Serang, dulu masih bisa dibangun rumah murah, sekarang tidak mungkin lagi.

rumah murah cikande

“Untuk mengembangkan rumah murah belanja lahannya maksimal Rp150 ribu per meter persegi. Kalau tanahnya Rp200 ribu per meter persegi sulit dikembangkan rumah FLPP. Makanya lokasi rumah murah makin melebar ke selatan dan timur,” kata Roni kepada housing-estate.com di Tangerang, Kamis (4/2).

Kawasan lain yang potensial untuk rumah murah adalah Maja. Kawasan ini terhubung dengan Jakarta melalui kereta komuter double track. Karena itu pasarnya bisa lebih luas terutama para pekerja yang aktifitasnya dekat stasiun. Konsumennya bisa kalangan PNS, buruh, hingga profesional. Prospeknya semakin baik apabila rencana pembangunan jalan tol Serpong – Balaraja terwujud.

Roni menyebutkan pengembang rumah murah di Banten menghadapi masalah klasik di bidang perizinan. Gubernur Banten Rano Karno sebetulnya mendukung penuh pembangunan rumah murah di wilayahnya dengan mendeklarasikan kemudahan untuk pembangunan rumah murah. Tapi deklarasi ini belum sepenuhnya berjalan di di lapangan. “Di jajaran teknis belum jalan, mereka masih menyamakan perizinan rumah murah dengan rumah komersial. Sudah ada pengurangan biaya tapi nggak signifikan,” tandasnya.

Ia menyebutkan permintaan rumah murah di Banten sangat besar. Pasarnya terdiri atas PNS, pegawai swasta, dan karyawan industri. Tahun lalu REI Banten menargetkan 8.000 unit tapi yang berhasil akad kredit hingga akhir 2015 sebanyak 6.000 unit. Tahun ini targetnya dinaikkan hampir dua kali lipat sebanyak 15 ribu unit.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me