Kemenpupera Bentuk Pusat Informasi Perkotaan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Untuk meningkatkan transparansi dan kemudahan mengakses informasi tentang pembangunan perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) membentuk Pusat Informasi Pembangunan Permukiman dan Bangunan (PIP2B). Menurut Dirjen Cipta Karya Kemenpupera Andreas Suhono, dengan adanya PIP2B ini masyarakat bisa mengetahui perkembangan perkotaan di masing-masing daerah. Selain itu setiap daerah bisa memberikan informasi dan berkonsultasi khususnya mengenai perkembangan infrastruktur pemukiman di suatu daerah.

pengelola sampah di surabaya

“Tujuan awal diadakannya PIP2B ini untuk menjadi lembaga inovatif yang dapat mendukung penyelenggaraan pembangunan yang meliputi perumahan, pemukiman, bangunan gedung, air minum, air limbah, drainase, dan persampahan. Intinya all about perkotaan sehingga ada informasi yang ter-up date mengenai suatu kota,” ujarnya saat membuka penyelenggaraan penyebarluasan informasi bidang Cipta Karya di Jakarta, pekan ini.

Lembaga ini akan dijadikan semacam center of knowledge untuk konsep pengembangan dan  pengelolaan sebuah lingkungan pemukiman dan perkotaan. PIP2B diharapkan dapat meningkatkan koordinasi pembangunan dan pengelolaan lintas perkotaan. Selanjutnya Ditjen Cipta Karya akan menyusun action plan dan jadwal pelaksanaan kegiatan PIP2B sebagai langkah awal penyebarluasan informasi perkotaan.

“Ke depan lembaga ini diharapkan dapat membangun jaringan informasi mandiri untuk mendukung pembangunan di daerah. Termasuk juga penyampaian informasi mengenai pola investasi program kerja dan penanganan yang dilakukan oleh stakeholder pembangunan pemukiman,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me