Arsitek Muda Indonesia Garap Ruang Publik untuk Para Introvert

Big Banner

Keberadaan taman, kafe, hingga convenience store yang tengah menjamur memang menjadi santapan para ekstrovert dalam bersosialisasi. Lantas bagaimana untuk mereka yang introvert? Yakni mereka yang lebih senang bekerja dan tak pandai bergaul? |

Melihat hal itu, mahasiswa jurusan Arsitektur Interior Universitas Indonesia (UI) semester akhir ini kemudian memikirkan konsep interior yang tepat untuk para introvert Jakarta. Kegelisahannya saat melihat keberadaan public space (ruang publik) yang lebih banyak didominasi oleh para ekstrovert membuatnya berencana menciptakan workspace untuk para introvert di Jakarta. 

Mengambil salah satu gedung di Kota Tua, Jakarta, persisnya di depan gedung merah, Astidira Apti kemudian mengintegrasi fungsi awal gedung tersebut dengan bentuk bangunan beserta tujuannya. Hasilnya, Dira lalu membuat sebuah workspace dengan booth yang dibatasi oleh sekat, dengan menambahkan unsur lifestyle dan view pemandangan sungai yang indah. 

BACA JUGA : TERNYATA INI RUMAH SAKIT TERBESAR DAN TERMEGAH DI DUNIA

“Saya mencoba untuk tidak melupakan bentuk bangunan dan fungsi sekitarnya. Jadi saya pakai sekat yang berbentuk sirip agar sesuai dengan bentuk jendela bangunan, memaksimalkan ruang yang menghadap sungai, juga memanfaatkan fungsi balkon untuk dijadikan kafe,” ucap Dira, kepada tim Rumahku.com pada pameran Arsitektur Fair (AFAIR) di Galeri Nasional, Jakarta. 

Meski sekadar ide, perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua Desain Pameran ini melanjutkan bahwa telah ada brief dari Pemerintah Daerah untuk memperbaharui kota tua. Namun begitu, karena gedung yang menjadi target renovasinya telah digunakan sebagai kantor asuransi, ia pun mengaku bahwa rencananya ini tak akan terealisasikan. 

AFAIR sendiri merupakan pameran tahunan yang diadakan oleh Universitas Indonesia. Pada penyelenggaraan ke-6 ini, pameran yang berlangsung dari tanggal 27 Januari 2016 hingga 4 Februari 2016 ini mengusung konsep kampung sosial.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me