Mengatasi Hawa Panas Di Dalam Rumah

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Udara di dalam rumah Anda terasa panas? Coba cek atap dan jendela rumah Anda. Kedua elemen arsitektur ini memiliki peran yang penting dalam penghawaan di dalam rumah. Pilihan material yang salah atau posisi jendela yang tak tepat dapat menyebabkan udara di dalam rumah terasa panas dan tak nyaman.

Pada atap misalnya, sebagai elemen yang menaungi rumah, atap menjadi bagian yang terpapar sinar matahari secara langsung. Oleh sebab itu, pilihlah material penutup atap yang mampu memantulkan sinar matahari. Semakin besar kemampuan material memantulkan panas, maka akan semakin kecil pula kemungkinan udara panas yang masuk ke dalam rumah.

Untuk material atap, sebaiknya pilih genting keramik. Sebab, genteng yang terbuat dari tanah liat terbukti efektif memantulkan panas dibandingkan genteng beton. Kemudian pasang alumunium foil di bagian bawah genteng untuk memaksimalkan proses reduksi panas.

Selain atap, jendela merupakan elemen berikutnya yang mampu ‘memasukkan’ sinar matahari ke dalam rumah. Agar udara panas tak langsung masuk ke dalam rumah, perhatikan posisi jendela. Sebaiknya hindari menempatkan jendela menghadap ke arah barat dimana sinar matahari akan terasa sangat panas saat siang dan sore hari.

Namun jika tak memungkinkan mengubah posisi jendela, maka Anda bisa mengatasinya dengan memasang kaca film yang mampu memantulkan dan mereduksi panas. Tambahkan gordyn atau blind sebagai filter cahaya matahari.

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me