Ubah Tampilan Dapur Dengan Mengganti Warna Kabinet

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Ingin tampilan baru di dapur? Dapur merupakan salah satu area penting di rumah, tidak hanya karena fungsinya, tetapi juga tampilan dapur yang dapat mendukung interior rumah. Namun, melakukan perubahan untuk memberikan “wajah” baru di dapur jelas tidak akan mudah dan harganya pun bisa jadi cukup mahal.

Meski begitu, masih ada cara yang bisa dicoba. Cara apa? Dengan mengganti warna kabinet atau rak di dapur. Seperti halnya dinding, mengubah warna kabinet, rak, atau storage yang ada di dapur dapat memberikan kesan yang berbeda serta mempercantik area tersebut. Mengecat kabinet juga jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harus mengganti kabinet baru atau mengubah keseluruhan desain dapur.

Namun, bukan berarti mengecat ulang kabinet merupakan pekerjaan yang bisa selesai dalam sehari. Pekerjaan tersebut membutuhkan waktu, tenaga, dan juga kesabaran karena mungkin prosesnya lebih lama dari yang diperkirakan. Berikut tahapannya :

Persiapan

Karena pekerjaan mengecat tersebut tidak akan sebentar, aturlah waktu untuk melakukannya, entah di hari libur atau akhir pekan. Selain waktu, tentukan juga warna yang ingin digunakan. Pilih warna yng sesuai dengan keseluruhan tampilan dapur serta aksesori lain yang ada di sana. Warna terang dan pastels juga dapat menceriakan ruangan. Bila ragu, warna putih merupakan pilihan yang aman. Selain warna, hal lain yang perlu diperhatikan ialah kualitas cat. Karena cat tersebut akan diterapkan di storage yang mungkin akan menyimpan makanan dan kebutuhan dapur lain, penting untuk memilih cat yang aman dan berkualitas.

Proses Awal

Untuk memudahkan proses mengecat, pintu dan laci kabinet bisa dilepaskan. Engsel dan pintu yang dilepaskan tersebut harus ditandai sehingga tidak akan menyulitkan saat dipasang kembali. Pintu tersebut dapat dicat secara terpisah sehingga tidak menganggu proses pengecatan pada bagian lain kabinet. Setelah itu, storage tersebut harus dibersihkan dari segala debu dan kotoran karena cat tidak bisa menempel bila permukaan kabinet masih kotor. Sediakan pula penutup agar tidak mengotori area lain di dapur.

Proses Pengecatan dan Pengeringan

Proses pengecatan barangkali akan membutuhkan waktu yang cukup lama, terlebih jika kabinet berukuran besar. Bila sebelumnya kabinet dibersihkan menggunakan air, kabinet tersebut harus dikeringkan terlebih dahulu. Setelahnya, cat primer atau warna dasar bisa diaplikasikan. Cat tersebut harus sesuai dengan material kabinet, entah itu kayu atau laminate. Keringkan, kemudian cat kabinet dengan warna yang diinginkan. Sebelum memasang kembali laci dan pintu kabinet pastikan cat di seluruh permukaan telah mengering. Proses pengeringan akan memakan waktu, tapi tentunya hal tersebut bukan masalah demi hasil yang terbaik. Setelah dipasang, dapur pun lebih segar dengan tampilan kabinet baru!

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me