Kamar Tidur, Tempat Mengawali Hari Yang Nyaman

Big Banner

Kenyamanan di kamar tidur dapat menunjang tidur yang berkualitas dan menenangkan pikiran.

Housing-Estate.com, Jakarta – Sebagai bagian paling privat dari sebuah rumah, kamar tidur bisa didesain lebih istimewa dibanding ruang lain. Tapi, jangan lupa kamar tidur juga harus memberi kenyamanan lebih untuk beristirahat. Kamar tidur yang tertata baik menunjang tidur yang berkualitas, sehingga saat bangun tidur, pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. Produsen furnitur IKEA (Swedia) yang kini membuka gerai di kawasan Alam Sutera (1.000 ha), Tangerang-Banten, memandang, hari yang berkualitas berawal dari kamar tidur yang nyaman.

“Kondisi kamar tidur dan kualitas tidur yang baik akan membantu kita mengawali hari dengan kondisi lebih baik, lebih siap dan lebih tenang,” kata Eliza Fazia, Marketing Manager IKEA (Indonesia). Jadi, mengatur kamar tidur menjadi tempat yang nyaman merupakan hal penting. Kamar tidur harus benar-benar dijadikan tempat beristirahat melepaskan penat sekaligus memulihkan stamina.

IKEA memberikan beberapa inspirasi untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman itu, lengkap dengan pilihan perabotnya mulai dari tempat tidur, tempat menyimpan barang di kamar, pencahayaan yang bisa memberi suasana hati yang menyenangkan, dan rangkaian tekstil seperti seprai, selimut yang lembut, hingga tirai dalam beragam motif dan warna.

Memilih Tempat Tidur

Tempat Mengawali Hari Yang Nyaman

Kenyamanan di kamar tidur tak lepas dari tempat tidur atau dipan yang tepat dan disukai. Pilih ukuran yang cukup besar untuk meregangkan tubuh tapi juga nyaman untuk meringkuk. Pemilihan tekstil yang nyaman untuk teman tidur juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Yaitu, sentuhan seprai yang lembut, bantal tidur dan selimut yang nyaman untuk tubuh. Material kain ramah lingkungan seperti katun dari jenis Better Cotton atau Lyocell yang merupakan kain hasil olahan kayu pulp ramah lingkungan dan kuat bahannya, bisa menjadi salah satu pilihan.

Tempat Simpan

Tempat Mengawali Hari Yang Nyaman

Tempat penyimpanan (storage) di kamar tidur juga membantu memulai hari lebih baik. Mengatur penyimpanan untuk semua pakaian serta barangbarang dengan cara cerdas, membantu kita bersiap diri di pagi hari dengan lebih tenang. Sisipkan laci-laci di dekat ranjang untuk penyimpanan barang-barang yang kita perlukan menjelang tidur atau saat bangun di pagi hari. Manfaatkan daerah kolong tempat tidur yang kosong untuk penyimpanan barang-barang cukup besar dan agak jarang digunakan.

Pencahayaan

Tempat Mengawali Hari Yang Nyaman

Usahakan kamar tidur memiliki jendela yang berhubungan langsung dengan ruang luar untuk memasukkan pencahayaan alami di pagi hari. Sedangkan penerangan buatan pada kamar tidur penting disesuaikan dengan kegiatan dan suasana yang diinginkan. Hadirkan rangkaian lampu untuk berbagai aktivitas di kamar seperti mengerjakan PR, membaca, hingga menonton televisi. Lengkapi kamar dengan lampu untuk pencahayaan umum, lampu baca, lampu meja rias, hingga lampu yang dapat diredupkan untuk menciptakan suasana kamar tidur yang lebih nyaman.

Dekorasi

Tempat Mengawali Hari Yang Nyaman

Unsur dekorasi dapat menyenangkan hati dan pikiran di kamar tidur. Mulailah dari pemilihan motif dan warna tirai yang dapat dijadikan aksen menarik di kamar tidur. Tirai penutup jendela dapat membantu mengatur besar kecilnya pencahayaan alami yang dibutuhkan di dalam kamar. Dekorasi lainnya dapat ditampilkan melalui motif selimut, penambahan karpet atau bantal hias, yang mudah dipadu-padan dan diganti dari waktu ke waktu.

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat.
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.

housing-estate.com