Ini Penampakan Rusun Pertama 1 Juta Rumah yang Dibangun Jokowi

Big Banner

Ungaran -Pada 29 April 2015 lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dimulainya pembangunan serentak secara nasional Program Satu Juta Rumah. Salah satu proyek yang diresmikan saat itu adalah Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Gedang Anak, Ungaran, Semarang.

Hampir setahun berselang, Rusunawa tersebut sudah selesai pembangunan konstruksinya dan bisa segera dihuni oleh para buruh yang bekerja di kawasan industri di sekitar lokasi rusunawa. Bagaimana penampakannya?

detikFinance sempat menyambangi lokasi pembangunan rusunawa yang saat ini sudah berdiri sempurna ini.


Rusunawa di Ungaran (Dana-detikFinance)

Di depan kawasan rusun yang terdiri dari dua menara ini terpampang jelas tulisan “Rusunawa Gedang Anak” berwarna perak yang menempel kokoh di bagian pagar.

Kemegahan rusunawa ini sudah mulai terlihat bahkan sejak pertama menjejakkan kaki melewati pagar. “Bentuknya seperti apartemen yang di teve,” seru seorang warga yang menonton acara penyerahan rusunawa tersebut dari Pemerintah Pusat ke pada Pemerintah Kabupaten Ungaran, di lokasi Rusunawa, Ungaran, Jawa Tengah, Minggu (7/2/2016).

Bangunan rusunawa ini memang tampak mentereng berupa bangunan bertingkat setinggi 5 lantai dengan dominasi dinding yang dikelir serba putih. Atapnya berbentuk atap segitiga ditutup genting warna merah dan dihiasi logo PUPR di bagian depannya.

Pada menara pertama, luas ruangan rusun didesain berukuran 24 meter persegi yang memang khsus diperuntukkan bagi pekerja lajang alias masih sendiri dan belum berkeluarga. Terdapat tempat tidur bertingkat di masing-masing ruangan yang bisa diisi oleh dua orang penghuni.


Rusunawa Ini Dibiayai APBN (Dana-detikFinance)

Pada menara kedua, luar ruangan rusun didesain berkuruan 36 meter persegi yang memang diperuntukan bagi pekerja yang sudah berkeluarga. Pada bagian ini, rusun dapat diisi hingga 4 orang penghuni.

“Di tower I terdapat sebanyak 104 unit rumah. Sedangkan di tower II terdapat sebanyak 66 unit,” terang Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin.


Rusunawa ini dibangun oleh Kementerian PUPR (Dana-detikFinance)

(dna/mkl)

finance.detik.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me