Dibiayai APBN, Rusun di Ungaran Ini Telan Investasi Rp 66 M

Big Banner

Ungaran -Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hari ini meresmikan Rumah Susun Sederha Sewa (Rusunawa) Gedang Anak di Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Rusun ini merupakan proyek pertama dalam program 1 Juta Rumah yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rusun ini menelan biaya Rp 66 Miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2015.

“Rumah Susun Sederhana Sewa ini pertama kali diresmikan Presiden Jokowi pembangunannya pada 29 April 2015. Proyek ini menelan biaya investasi Rp 66 miliar,” ujar Direktur Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin dalam laporannya pada acara penyerahan Rusunawa Gedang Anak kepada Pemerintah di Ungaran Jawa Tengah, Minggu (7/2/2016).

Dengan dana tersebut, kontraktor yang diberi tanggungjawab yakni PT Brantas Abipraya berhasil membangun rusun yang terdiri dari 2 menara setinggi 5 lantai.

“Khusus diperuntukkan bagi buruh industri di kawasan sekitar lokasi rusun,” tutur dia.

Pembangunan rusun ini dilakukan dengan teknologi konstruksi terkini yakni menggunakan precast alias beton cetak yang membuat proses pembangunan lebih cepat dibanding cara konvensional.

“Prosesnya lebih cepat 1 bulan dari yang direncanakan. Tapi tidak mengurangi kualitas konstruksinya,” tutur dia.

Proyek ini sendiri dianggap sebagai wujud nyata sinergi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Pemkab Semarang berperan dalam penyediaan lahan rusun sedangkan Kementerian PUPR menyediakan dana pembangunan rusun.

(dna/feb)

finance.detik.com