Jangan Lewatkan 9 Hal Saat Membersihkan Dapur

Big Banner

KOMPAS.com – Mungkin Anda merasa telah membersihkan dapur rumah. Namun, ketahuilah ada area-area kotor di dapur yang sering terlewati saat Anda membersihkan ruangan ini.

Area apa saja itu?

1. Kisi-kisi oven kompor

Kita semua tahu kompor membutuhkan pembersihan secara teratur. Anda bahkan mungkin membersihkan oven dengan baik.

Namun, kebanyakan orang, bagaimanapun, melupakan semua tentang kisi-kisi di bawahnya.


2. Pinggiran pintu mesin cuci piring

Mesin cuci piring meringankan tugas yang kita tidak inginkan, yaitu mencuci dan mengeringkan piring.

Tapi, tepi di sekitar alat ini menangkap banyak tetesan dalam proses mencuci. Sebuah sapuan cepat di sekitar tepi membuat pintu terhindar dari lengket dan kotor.


3. Bawah lemari

Ada beberapa daerah di dalam rumah yang hanya terlihat ketika duduk. Saat membersihkan lantai dapur Anda, jangan lupa untuk menyapu daerah di bawah lemari yang rendah.


4. Jendela di depan wastel cuci piring

Mungkin letaknya di depan mata Anda, tetapi apakah Anda melihat bagaimana percikan pada jendela di atas wastafel dapur hanya muncul di bawah sinar matahari?

Ketika membersihkan peralatan dapur Anda, sapukan juga jendela dengan semprotan pembersih kaca.

5. Perlengkapan langit-langit

Perlengkapan lampu di langit-langit seperti lampu flash mount, seringkali terlewatkan saat pembersihan.

Padahal, lampu ini harus masuk dalam jadwal pembersihan, misalnya beberapa kali setiap tahun. Jika hal ini rutin dilakukan, lampu akan bersinar lebih terang dan bebas debu.


6. Pembuangan sampah

Tempat ini biasanya menghasilkan bau yang tidak sedap. Tersembunyi dari pandangan, tempat sampah perlu dibersihkan secara rutin.

Cara terbaik untuk membuat tempat pembuangan sampah Anda bersih adalah dengan menuangkan setengah cangkir baking soda dan diikuti oleh satu cangkir cuka putih.

Biarlah campuran ini menggelembung selama satu atau dua menit, lalu bilas dengan air dingin. Kemudian, baru sikat dengan sabun.


7. Menguras wastafel

Wastafel dapur bisa menjadi tempat berkumpul sisa makanan dan membuatnya tersumbat.

Tuangkan setengah cangkir baking soda dan satu cangkir cuka putih ke dalam saluran. Kemudian, siram dengan air mendidih.


8. Belakang kulkas

Kita semua tahu ada hal-hal yang berkumpul belakang lemari es kita. Tahukah Anda, lemari es akan beroperasi lebih efisien jika kumparannya tetap bersih?

Yang harus Anda lakukan adalah menggeser lemari es dari dinding, dan dengan lembut sikat gulungan dan lantai.


9. Pembuat kopi

Anda mungkin membersihkan bagian dalam pembuat kopi. Tapi, jangan lupa bersihkan moncong kecil di mana kopi menetes keluar dari pembuat kopi atau mesin espresso.

Pasalnya, moncong ini mengumpulkan tanah dan lumpur.Bersihkan dengan handuk kertas basah sehingga tidak ada yang berakhir di cangkir Anda.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me