Hindari Lima Kesalahan Saat Mendekor Ruang

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Mendekor interior ruang bisa menjadi hal yang menyenangkan karena bisa mendapatkan suasana baru yang berbeda di dalam rumah. Suasana baru yang didapat juga bisa mengiringi faktor lainnya mulai dari semangat baru, kreatifitas baru, maupun hanya sekadar untuk meningkatkan mood.

interior dengan aksen

Agar terhindar dari kekeliruan dalam menata ulang interior ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sesuai rilis yang diterima housing-estate.com di Jakarta, Minggu (7/2), dari Fabelio, sebuah portal online yang banyak menampilkan tip desain, ada cukup banyak kesalahan yang kerap dilakukan seseorang saat mendekot interior rumahnya.

Kesalahan paling umum peletakan furnitur terlalu rapat ke dinding atau memasukkan terlalu banyak barang ke dalam ruangan kecil. Hal ini akan membuat ruangan semakin sempit. Untuk itu paling tidak ada lima hal yang harus diperhatikan agar tidak salah dalam mendekor ruangan.

 

  1. Perhatikan kecocokan cat dinding dengan tone furnitur di sekitarnya. Bila ingin bereksperimen dengan pewarnaan, cukup kombinasikan 2-3 warna dengan sekali lagi memerhatikan kecocokan atau tone dengan furnitur maupun aksen lainnya di ruangan tersebut. Mencampur telalu banyak warna dalam satu ruangan yang sama dapat memberikan efek yang tidak menyenangkan bagi mata.
  2. Memusatkan pajangan dinding maupun meja dalam satu sudut dan membiarkan sudut lainnya kosong akan membuat kesan ruangan menjadi berat sebelah. Untuk itu tempatkan pajangan ataupun aksen secara merata sehingga ruangan akan tampak proporsional.
  3. Pencahayaan yang buruk pada sebuah ruangan tidak hanya akan mengurangi nilai estetika tapi juga membuat kesan ruangan menjadi tidak nyaman. Setiap ruangan memiliki kebutuhan pencahayaan yang berbeda. Ruang makan tentunya membutuhkan pencahayaan yang lebih terang, ruang baca butuh cahaya yang terang namun lembut, dan sebagainya.
  4. Sekadar meletakan furnitur tanpa menentukan tema yang diinginkan akan membuat ruangan terlihat seperti gudang penyimpanan. Meskipun penataannya rapi tapi kalau tidak terkonsep dengan jelas akan membuat ruangan terlihat lebih buruk.
  5. Terpaku dengan cara penataan konvensional tidak akan membantu khususnya bagi hunian dengan ukuran yang mungil. Untuk itu susun segala sesuatunya secara vertikal sehingga kita bisa menyimpan aneka barang dengan lebih efisien dan tidak boros tempat.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me