Rusunawa Ini Dibangun Kurang Dari Setahun

Big Banner

Semarang-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Mulyono bersama Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Jawa Tengah-Ganjar Pranowo meresmikan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Pekerja di Gedang Anak, Ungaran, Semarang Jawa Tengah. Rusunawa tersebut dibangun kurang dari setahun.

Hadir pula pada peresmian tersebut Direktur Utama BTN-Maryono, Direktur Utama PT Brantas Abipraya-Bambang E Marsono, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan-Syarif Burhanuddin dan Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan-Maurin Sitorus.

Rusunawa ini merupakan salah satu bangunan yang pemancangan tiang pertamanya (groundbreaking) pada 29 April 2015 secara serentak bersama 8 kota lain, yaitu Nias Utara (Sumatera Utara), Palembang (Sumatera Selatan), Jakarta Barat (DKI Jakarta), Tangerang (Banten), Cirebon (Jawa Barat), dan Malang (Jawa Timur). Selain itu, Kota Waringin Timur (Kalimantan Tengah) dan Bantaeng (Sulawesi Selatan), sebagai pencanangan pelaksanaan Program Sejuta Rumah oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Dirjen Penyediaan Perumahan Kementeriaan PUPR Syarif Burhanudin mengatakan, hampir setahun berlalu, rusun tersebut kini telah berdiri. “Rusun 2 menara setinggi 5 lantai ini diperuntukkan khususnya bagi buruh industri di kawasan sekitar lokasi rusunawa yang merupakan klaster kumuh padat penduduk dan padat bangunan dengan kualitas air minum dan sanitasi yang kurang baik,” kata Syarif, dalam siaran pers, di Jakarta, Selasa (9/2).

Menurut dia, menara pertama merupakan menara dengan tipe unit 24 meter persegi untuk pekerja lajang dengan kapasitas 104 unit. Dimana setiap unit dapat diisi dua orang. Sedangkan tower II merupakan unit tipe luasan 36m2 dengan jumlah 66 unit diperuntukkan bagi keluarga dengan jumlah 4 orang anggota keluarga.

Investor Daily

Imam Muzakir/Laila Ramdhini/EDO

Investor Daily

beritasatu.com