Perkuat IT Hadapi Era MEA, Bank BTN Luncurkan Digital Lounge

Big Banner

JAKARTA, jktproperty.com – Bertepatan dengan hari jadinya yang ke-66 hari ini, Bank BTN menghadirkan layanan digital lounge. BTN Digital Lounge merupakan konsep layanan perbankan yang mengintegrasikan dan mengedepankan teknologi guna menciptakan customer experience yang cepat, simpel, serta memberikan kemudahan sekaligus menjadi solusi bagi nasabah.

BTN Digital Lounge merupakan kantor layanan masa depan yang dibangun BTN untuk modal bersaing dengan bank lain di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), selain tentunya untuk lebih memanjakan nasabah bertransaski di bank ini.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, BTN Digital Lounge ini diharapkan dapat melayani transaksi perbankan melalui elektronik dengan beberapa layanan yang nanti akan dapat diberikan, seperti opening account, teller push form, notofikasi transaksi, prepaid card, Laku Pandai, EDC, dan web recruitment.

Dalam BTN Digital Lounge juga tersedia ATM, CDM, eKTP Reader, Pin Pad, all in one PC, Internet Conner, Digital Banner Interactive, pembukaan rekening tabungan dengan menggunakan Web, SSB (self service banking), informasi dan layanan permohonan KPR, pembukaan deposito/giro, mobile banking/internet banking, serta setor dan tarik tunai.

“Ini adalah pilot project yang akan kami kembangkan lebih lengkap dan diharapkan dapat menjawab semua kebutuhan masyarakat sebagai nasabah Bank BTN,” ujar Maryono, usai acara perayaan HUT ke-66 Bank BTN di Jakarta, Selasa (9/2).

Perseroan, demikian Maryono, telah mencanangkan road map transformasi, yang bertujuan terus meningkatkan dominasi Bank BTN di bidang pembiayaan perumahan dan menjadikan perusahaan sebagai bank terdepan dengan layanan kualitas dunia.

Untuk itu, pada 2015 lalu merupakan tahun pertama BTN memasuki transformasi tahap 2, yaitu periode digital banking. “Nah di periode Digital Banking ini, kami telah mengembangkan berbagai produk dan layanan yang berbasis digital, seperti mobile BTN, internet banking dan cash management. Selain itu, pengembangan digital banking juga dimaksudkan untuk terus meningkatkan kecepatan layanan serta volume bisnis Bank BTN,” paparnya.

Dia menyebutkan, selain di Jakarta digital lounge juga hadir di Kota Surabaya. “Ini baru kita launching, kita harapkan dengan kita menggunakan digital lounge ini, transaksi lebih banyak karena nasabah kita meningkat. Ini salah satu layanan kita sehingga mereka merasa homey dan enjoy saat bertransaksi di BTN,” tandasnya.

Lebih lanjut Maryono mengatakan digital lounge merupakan bagian dari transformasi yang tengah dilakukan Bank BTN. Informasi teknologi menjadi penting bagi Bank BTN ketika persaingan dan era MEA sudah di depan mata. BTN saat ini sebagai pemegang pangsa terbesar untuk pasar perumahan di Indonesia. Sementara untuk mendukung rumah program hampir 100% BTN yang memberikan dukungan.

“Karena pengalaman dan kompetensi bisnis pembiayaan perumahan menjadikan BTN sebagai penguasa pasar. Kami tinggal melangkah sedikit dengan menjadikan teknologi untuk mempercepat layanan semua itu untuk take off,” katanya.

Dia menegaskan Bank BTN juga masih tetap konsisten terhadap core business-nya dalam bidang pembiayaan perumahan. Kinerja BTN tahun 2015 masih menunjukkan konsistensi Bank BTN pada bisnis utamanya tersebut. Ini dapat dilihat dari porsi pembiayaan pada kredit perumahan masih mendominasi dengan komposisi 89,90% atau sebesar Rp 124,927 trilyun dari total kredit yang disalurkan BTN selama tahun 2015 sebesar Rp 138,956 trilyun. Sementara sisanya yang sebesar 10,10% atau sebesar Rp.14,029 Triliun disalurkan untuk pembiayaan kredit non perumahan.

Konsistensi pada bisnis utama tersebut menurut Maryono membawa BTN sebagai pemimpin pasar pembiayaan perumahan di Indonesia dengan penguasaan pangsa pasar total KPR sebesar 30,6%.

Sedangkan untuk segmen KPR subsidi, peran Bank BTN sangat dominan dengan menguasai pangsa pasar 98% dari total penyaluran FLPP tahun 2011, 2012, 2013 dan 2014. Total KPR yang sudah disalurkan Bank BTN sejak 1976 hingga 2015 hampir mencapai Rp 170 triliun dan telah dimanfaatkan oleh hampir 4 juta masyarakat Indonesia.

“Inilah momentum yang akan dimanfaatkan Bank BTN untuk take off dan menyatakan kesiapannya untuk bersaing pada era MEA. Transformasi IT sudah berjalan dan kami tinggal melangkah sedikit. Hari ini bertepatan dengan HUT ke-66 Bank BTN melakukan launching pembukaan kantor layanan masa depan, yakni BTN Digital Lounge” jelas Maryono. (PIT)

jktproperty.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me