Merawat Ikan Koi di Kolam Rumah

Big Banner

Koi adalah jenis ikan kolam yang cukup banyak digemari untuk dipelihara, jenis atau varian ikan tersebut pun bermacam-macam, yakni koi kohaku, koi showa, koi sanke, dan masih banyak lagi.

Ikan asal Jepang itu sebenarnya merupakan hasil persilangan ikan mas. Namun, seiring perkembangan zaman, ikan ini dikembangbiakkan menjadi banyak jenis warna dan pola yang menarik.

Selain memiliki keindahan corak warna, ikan koi juga dipercaya mampu membawa hoki atau keberuntungan bagi pemiliknya, maka tak heran jika jenis ikan tersebut menjadi peliharaan favorit.

Perawatan ikan koi cukup rumit, terutama bagi pemula, cara perawatan yang kurang tepat dapat menyebabkan koi stres dan sakit, bahkan mati.

Baca juga: Agar Halaman Belakang Jadi Menyenangkan

Seperti dilansir dari majalahasri.com, berikut ini adalah perihal ikan koi yang perlu diperhatikan pada kolam di rumah.

Lokasi

Usahakan lokasi kolam ikan koi tidak berada pada tempat yang terpapar sinar matahari langsung, karena akan meningkatkan pertumbuhan lumut yang dapat memengaruhi kejernihan air kolam. Apabila kolam ikan di rumah Anda sudah telanjur terletak di area luar, maka Anda dapat menggunakan tanaman air seperti teratai atau tumbuhan lili air agar pertumbuhan koi tidak terganggu.

Kedalaman Kolam

Sebagian orang beranggapan bahwa membangun kolam ikan yang dangkal merupakan solusi tepat untuk menikmati keindahan ikan koi. Justru sebenarnya hal itu menghambat pertumbuhan ikan, sehingga lambat laun membuat pertumbuhan ikan koi menjadi bengkok. Kedalaman yang ideal untuk kolam ikan koi adalah lebih dari satu meter untuk menstabilkan temperatur air yang disebabkan oleh sinar matahari atau cuaca dingin saat malam.

Baca juga: Membuat Kolam Renang di Rumah Minimalis

Kondisi Air

Kesehatan dan keindahan ikan koi sangat bergantung pada kondisi air kolam. Derajat keasaman (pH) air yang cocok untuk pertumbuhan koi berkisar 6,5 hingga 8,5. Agar sirkulasi air tetap terjaga, pasang pompa yang mampu menyalurkan air sebanyak 25 liter per menit. Cara ini cukup efisien menjaga kebersihan kolam, sehingga Anda hanya perlu membersihkan filter dan bak filternya saja. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me