Pemerintah Resmikan Rusunawa Khusus Buruh di Ungaran

Big Banner

Pemerintah meresmikan rumah susun sewa (rusunawa) khusus pekerja di Gedang Anak, Ungaran, Semarang. Rusunawa dengan dua menara setinggi lima lantai tersebut, merupakan bagian dari pelaksanaan Program Sejuta Rumah.

”Rusunawa ini berada di atas tanah milik Pemkab Semarang dengan nilai kontrak Rp66 miliar,” kata  Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin, dalam siaran pers yang diterima Rumah123, Selasa (9/2).

Syarif menjelaskan, menara pertama menawarkan unit dengan tipe 24 meter persegi untuk pekerja lajang, dengan jumlah 104 unit. Sedangkan menara kedua menawarkan tipe 36m2 dengan jumlah 66 unit yang diperuntukkan bagi keluarga dengan kapasitas hingga empat orang.

Baca juga: Geliat Properti di Semarang

Ia menambahkan, rusunawa ini telah memiliki jaringan listrik dan air bersih. Selain itu, setiap unit sudah dilengkapi perangkat mebeuler yang cukup dan memadai seperti tempat tidur, lemari, meja, dan kursi.

”Dari hasil koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Semarang, telah terdaftar 2.700 calon penghuni, baik pekerja lajang maupun yang sudah berkeluarga. Sebanyak 600 calon bekerja di sekitar rusun, 500 orang calon bekerja di sekitar Semarang, dan 1.600 lainnya calon dari luar Ungaran,” ujarnya.

Peresmian rusunawa ini dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Mulyono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Pejabat Bupati Semarang Sujarwanto Dwiatmoko pada Minggu (7/2).

Baca juga: 2016, Pasar Apartemen di Jawa Tengah Belum Ramai

Pemerintah melakukan groundbreaking rusunawa ini bersamaan dengan delapan kota  lainnya secara serentak pada 29 April 2015 lalu. Delapan kota tersebut antara lain  Nias Utara (Sumatera Utara), Pelembang (Sumatera Selatan), Jakarta Barat (DKI Jakarta), Tangerang (Banten), Cirebon (Jawa Barat),  Malang (Jawa Timur), Kota Waringin Timur (Kalimantan Tengah), dan Bantaeng (Sulawesi Selatan). (Ing)

rumah123.com