Pemkot Jayapura Dorong PNS Miliki Rumah

Big Banner

Jayapura – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua, mendorong para pegawai negeri sipil (PNS) setempat untuk bisa segera memiliki rumah yang memadai, agar mereka dapat membina keluarga dan bekerja dengan lebih baik.

“PNS di Pemkot rata-rata belum memiliki rumah, kurang lebih ada sekitar 70 persen dari total 5.436 pegawai belum punya rumah,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jayapura, RD Siahaya di Jayapura, Rabu (10/2).

“Ini sesuatu yang baik dan merupakan langkah perubahan, sehingga kami akan sampaikan dan imbau untuk memiliki rumah. Jadi bagaimana dia bisa menginvestasikan keluarganya dengan baik kalau tidak memiliki tempat tinggal yang memadai,” sambungnya.

Dengan adanya program rumah bersubsidi yang digulirkan pemerintah pusat, ia menganggap itu adalah kesempatan bagus bagi para pegawai dan seluruh masyarakat untuk bisa memiliki rumah sendiri.

“Bagaimana pun juga, rumah adalah sebuah kebutuhan primer. Karena itu, REI berusaha menangkap peluang yang saat ini ada kebijakan presiden untuk membuat sejuta rumah dan ada sebagian rumah yang disubsidi,” katanya.

Siahaya menekankan, pemerintah sangat peduli atas kehidupan pegawai dan masyarakatnya. Karena itu, kata dia, pihak Pemkot akan berusaha membantu mereka untuk bisa memperoleh kesempatan memiliki rumah bersubsidi.

“Kita akan upayakan supaya pegawai dan masyarakat kota yang belum memiliki rumah, supaya bisa memiliki rumah dari program ini,” ujar dia.

Namun ia mengaku bahwa dengan kondisi geografis Kota Jayapura dan melihat kepadatan penduduk yang ada, pihak pengembang perumahan kesulitan untuk mencari lokasi pembangunan.

“Jumlah masyarakat kita 498 ribu jiwa, dengan tekanan penduduk seperti itu membutuhkan sebuah kearifan untuk menata ruang tersebut,” ucap Siahaya.

/FER

ANTARA

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me